Denpasar (Antara Bali) - Dinas Kesehatan Kota Denpasar terus berupaya meningkatkan kualitas prilaku hidup bersih dan sehat dengan melakukan pembinaan usaha kesehatan sekolah (UKS) secara rutin kepada sekolah dasar.

"Kami terus melakukan pembinaan terhadap UKS, sehingga tahun ini SDN 1 Pemecutan Denpasar Barat mewakili dalam lomba sekolah sehat dan SD Tunas Daud mewakili untuk kantin sehat untuk tingkat SD," kata Kepala Dinas Kesehatan Denpasar dr Luh Putu Sri Armini di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan lomba tersebut sebagai upaya untuk memacu sekolah-sekolah dalam meningkatkan prilaku hidup bersih dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa.

Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Bali dipimpin I Gusti Agung Ayu Mertha Dhyani Dewi dan dihadiri pejabat Pemkot Kota Denpasar antara lain Ketua DWP Kota Denpasar Ny Ida Ayu Kerti Iswara, Kadis Kesehatan Kota Denpasar Luh Putu Sri Armini, Camat Denpasar Barat Ida Bagus Joni Ariwibawa, dan Kepala Sekolah SDN 1 Pemecutan I Made Arka.

Wali Kota Denpasar dalam sambutan tertulis dibacakan oleh Kadis Kesehatan Kota Denpasar dr Luh Putu Sri Armini mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Penilai Provinsi Bali di SDN 1 Pemecutan.

Ia mengatakan pembinaan untuk SD diprioritaskan berupa pembinaan PHBS dan meningkatkan pembinaan dokter kecil yang nantinya sebagai penggerak kebersihan dan kesehatan di SD, baik kebersihan siswa maupun lingkungan sekolah.

Begitu juga untuk pengelolaan kantin sekolah diharapkan tetap menjaga kebersihan kantin termasuk pengelolanya serta memperhatikan menu yang memenuhi standar gizi.

Ia mengatakan dengan dinilainya sekolah sehat dan kantin sehat di SDN 1 Pemecutan dan SD Tunas Daud diharapkan bisa menjadi contoh sekolah bersih dan sehat di Kota Denpasar.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Pemecutan I Made Arka mengatakan adapun yang melatarbelakangi komitmen pengembangan sekolah bersih dan sehat, karena masih kurang sadar warga sekolah dan masyarakat sekitar akan pentingnya hidup sehat dan bersih yang sejalan dengan visi UKS SDN 1 Pemecutan.

"Visi UKS kami adalah `mewujudkan sekolah sehat, berprestasi, berwawasan lingkungan dijiwai nilai budaya dan karakter bangsa. Dan untuk mendukung salah satu program Pemerintah Kota Denpasar untuk mewujudkan lingkungan bersih dan hijau serta penerapan perda/perwali tentang kawasan tanpa rokok (KTR)," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014