Gianyar, 25/9 (Antara) - Bupati Gianyar, A.A Gde Agung Bharata memberangkatkan lima calon haji daerah itu yang bergabung dengan 512 jemaah haji dari Bali menuju Tanah Suci Makkah melalui Embarkasi Bandara Surabaya, Jawa Timur.

Bupati Agung Bharata melepas kelima calon haji di daerah "Gudang Seni" itu bertempat di Masjid Agung Al Ala Kabupaten Gianyar, Kamis.

Kelima calon haji dari Gianyar itu bergabung dengan rombongan haji Bali yang keseluruhannya sebanyak 512 orang yang terdiri atas pria 245 orang dan 267 calon haji wanita

Calon haji dari Bali akan diberangkatkan melalui dua kelompok terbang (kloter) dari Embarkasi Surabaya pada 26 September 2014 yakni melalui kloter 59 dan 60.

Untuk kloter 59 akan diberangkatkan 445 orang dan sisanya 60 orang melalui kloter 60 yang akan bergabung dengan calon haji dari Jatim.

Kelima calon haji dari Kabupaten Gianyar itu berasal dari Kecamatan Blahbatuh tiga orang dan Kecamatan Ubud dua orang.

Sedangkan jemaah haji termuda berumur 39 tahun berasal dari kecamatan Ubud atas nama Siti Nuryani sedangkan Jemaah haji tertua berumur 69 tahun asal Kecamatan Blahbatuh atas nama Rodiah.

Bupati Agung Bharata mengatakan mengatakan, ibadah haji adalah salah satu dari rukun Islam, yang diwajibkan bagi umat Muslim yang memiliki kemampuan.

Kemampuan terutama menyangkut penyediaan dana, baik untuk ongkos naik haji, maupun untuk biaya hidup anggota keluarga yang ditinggal selama menunaikan ibadah haji.

Calon jemaah haji patut bersyukur, karena memperoleh peluang untuk melaksanakan salah satu amanah agama, dimana tidak semua orang memiliki kemampuan dan kesempatan untuk itu.

Ia berpesan agar calon Jemaah Haji tetap menjaga kesehatan agar mampu mengikuti rangakaian kegiatan ibadah di Tanah Suci dengan kusuk.  (WDY)

Pewarta: Oleh Putu Arthayasa

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014