Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, kembali menggelar bursa lowongan kerja atau "Job Fair" yang diikuti oleh 30 perusahaan di Mangupura selama dua hari pada 15--16 September 2014.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupate Badung Ida Bagus Oka Dirga, Senin, mengatakan bahwa bursa loeongan kerja itu digelar untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan pihak pengguna tenaga kerja/perusahaan melalui sistem antarkerja secara langsung guna mempermudah proses penempatan baik penempatan didalam negeri maupun luar negeri.

"Dengan bursa lowongan kerja itu diharapkan perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mengetahui kecenderungan kualitas pencari kerja, sekaligus bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Badung dan sekitarnya," katanya.

Sekda Badung, Kompyang R. Swandika dalam sambutannya mengatakan bahwa peningkatan jumlah penduduk suatu daerah juga akan diikuti dengan peningkatan jumlah penduduk usia produktif.

"Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa jumlah pencari kerja, angka pengangguran dan kebutuhan fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan pendidikan dan latihan kerja akan mengalami perubahan. Dan untuk memfasilitasi hal itu, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah adalah melaksanakan Bursa Lowongan Kerja (Job Fair)," ujarnya.

Menurut dia, besarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan mengamanatkan bahwa pemerintah wajib mengupayakan kesempatan kerja bagi masyarakat, baik dalam hubungan kerja maupun di luar hubungan kerja.

Penyediaan sarana informasi melalui bursa kesempatan kerja tersebut mempunyai nilai yang sangat strategis karena dapat memberikan informasi dua arah secara langsung kepada pengguna tenaga kerja (Perusahaan) dan pencari kerja dapat menemukan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat, kemampuan yang dimiliki oleh para pencari kerja.

Selian itu, Pemkab Badung memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi melalui Direktorat Pengembangan Pasar Kerja, dalam program-programnya dapat langsung berperan mengurangi pengangguran di Kabupaten Badung dengan melaksanakan Bursa Lowongan Kerja.

Dengan komitmen bersama, proritas program pemerintah dalam rangka penciptaan dan perluasan kesempatan kerja dapat diwujudkan dan dikembangkan melalui kegiatan pelatihan keterampilan dengan pendekatan strategi yakni, program pembentukan tenaga kerja mandiri terdidik, program padat karya ekonomi produktif dan teknologi tepat guna.

Kompyang R. Swandika juga berharap kegiatan itu dapat dilaksanakan secara berkesinambungan karena penanganan masalah pengangguran dan kesempatan kerja tidak dapat diselesaikan hanya oleh pemerintah saja tanpa keterlibatan dunia usaha.

"Keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan hanya dapat dicapai dengan keterlibatan seluruh komponen bangsa, sesuai dengan visi Pemerintah Kabupaten Badung yaitu melangkah bersama membangun Badung berdasarkan `Tri Hita Karana` menuju masyarakat adil sejahtera dan ajeg," ujarnya.  (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014