Denpasar (Antara Bali) - Kegiatan "Fun Yoga" yaitu gerakan-gerakan olah tubuh yang rileks digelar sebagai rangkaian terakhir di kampung yoga pada arena Sanur Village Festival (SVF) 2010.

Ana, seorang instruktur Seger Oger di Sanur, Bali, Minggu (8/8), mengatakan, selama SVF itu kegiatan yang telah dilakukan berupa "sunrise yoga" yang dilakukan menyambut matahari pagi dan "sunset yoga" yang dilaksanakan menjelang senja.

"Kegiatan di kampung yoga semakin semarak ditambah adanya 'workshop' atau lokakarya yoga, setelah sesi 'sunrise yoga' dan juga aneka pangan atau makanan sehat disajikan," katanya.

Ia mengaku, dirinya juga penggagas cak yoga, yaitu penggabungan tarian dengan gerakan yoga.

"Cak yoga diciptakan untuk membangun kebersamaan dan kegembiraan disamping memberikan manfaat bagi kesehatan, karena kegembiraan penuh keriangan juga merupakan sarana menuju sehat, dan inilah bagian dari yoga ketawa Seger Oger," katanya.

Menurut Ana, gerakan-gerakan lebih bersifat spontanitas dan kecak merupakan tarian yang populer di Bali, karena pertunjukan yang merakyat sehingga setiap orang bisa terlibat secara langsung.

Menurut salah seorang peserta yoga, Jill dari Australia mengaku sangat surprise. Baru ikut dua kali di perkampungan yoga akhirnya ikut serta dalam cak yoga,

Jill merasa bukan lagi tamu di perkampungan yoga, karena semua peserta betul-betul menunjukkan kebersamaannya serta hanya dalam tempo waktu yang singkat bisa mencontoh untuk mengangkat tangan ke atas sembari bilang cak, cak dan cak.

"Pengalaman ini akan saya bawa pulang ke Australia untuk saya ceritakan kepada saudara dan teman-teman saya, betapa luar biasa kegiatan Festival Sanur, khususnya di kampung yoga," katanya.

Sementara itu, Ida Bagus Candi, pembimbing sekaligus pendiri Pasemetonan Yoga Asana Seger Oger Sanur mengatakan, bahwa apa yang telah dirintis dengan sahabatnya Ida Bagus Sutama, berdua melakukan yoga di Pantai Sanur, kini telah beranggotakan kurang lebih 400 orang.     

"Yoga telah memberikan identitas Sanur sebagai Desa Yoga, dan dalam SVF kelima tahun ini, kami merayakannya melalui kampung yoga (yoga village)," katanya.

Ida Bagus Candi menambahkan, bahwa berlatih yoga bukanlah hal yang bersifat ekslusif, setiap orang bisa datang ke Pantai Sanur untuk berlatih yoga secara gratis.

Dikatakannya, gerakan-gerakan yoga diawali dengan Surya Namaskara (sun salutation) menambah suasana takjub dan damai sebagai mahluk lemah yang selalu merindukan kesehatan badan, pikiran dan jiwa.

"Semua individu mengharapkan sehat, maka dari itu lakukanlah yoga secara rutin," saran Ida Bagus Candi.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010