Denpasar (Antara Bali) - Instruktur yoga asal Inggris Marrienne menghadiri dan meramaikan ajang Festival Sanur atau "Sanur Village Festival" (SVF) 2010, Kamis.

Kegiatan Marrienne yang bertempat di Kampung Yoga, kompleks Hotel Inna Grand Bali Beach itu diikuti ratusan peminat yoga, khususnya wisatawan mancanegara.

Marrienne mengajarkan "Vinyasa", yaitu yoga dengan asana yang gerakannya berkesinambungan. Gerakan itu bertujuan untuk membuat keseimbangan sehingga menimbulkan kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa.

Semua peserta tampak antusias ingin mendapatkan manfaat luar biasa dari gerakan "Vinyasa" yang terkesan seperti ringan, namun dengan pengulangannya membuat peserta sangat berkeringat.

Koordinator Yoga SFV Yudha Bantono menjelaskan bahwa setiap hari Kampung Yoga menggelar dua sesi latihan, yakni pada pukul 07.00 sampai 08.15 WITA dan sore hari pukul 17.00-18.00 Wita.

Usai latihan pagi para peserta dapat melanjutkan dengan sesi "workshop" yoga dan dialog dengan instruktur atau guru yoga yang memimpin asana atau gerakan hari itu.

"Peserta yang berminat bisa langsung datang mengikuti acara yang digelar hingga 8 Agustus mendatang," kata Yudha.

Menurut Yudha, kegiatan yoga ini bisa diikuti oleh siapa saja, anak-anak, remaja hingga dewasa sambil berkunjung ke Sanur Festival.

Salah seorang peserta yoga Jeanie asal Belanda yang kebetulan sedang berwisata di Sanur merasa senang bisa mengikuti acara Kampung Yoga, apalagi hari terakhir karena dia harus pulang ke negaranya.

Jeanie mengatakan, acara festival sangat menarik bagi wisatawan, karena bukan hanya menikmati keindahan Pantai Sanur, melainkan bisa mendapatkan pelajaran yoga yang bisa diikuti secara gratis.

Ia mengatakan, ingin kembali ke Bali tahun depan dan akan menjadwalkan secara khusus untuk mengikuti acara SVF.

Ketua Panitia SVF Ida Bagus Sidharta Putra mengatakan, kehadiran yoga yang dikoordinasi Perkumpulan Keluarga Yoga Asana Seger Oger selalu hadir mendukung acara tahunan tersebut.

Seger Oger adalah bagian dari aktivitas masyarakat Desa Sanur, yang kemudian berkembang menjadi organisasi sosial yoga yang mendedikasikan kegitan bagi masyarakat Sanur dan Denpasar pada umumnya untuk berlatih yoga secara gratis.

Seger Oger bukan menjadi pelengkap kegiatan SVF, namun ikut menambah identitas Desa Sanur dengan ragam kegiatan masyarakatnya.

Kegiatan di Kampung Yoga yang berlangsung hingga Minggu (8/8) ini melibatkan instruktur berkaliber nasional dan internasional, seperti Yvette (Holland), Dr Vijoleta (Australia), Yudhi Widdyantoro (Jakarta), Ida Bagus Candi dan Ketut Bandiastra (Bali).

Kampung Yoga pada hari terakhir akan ditutup dengan yoga gembira (fun yoga) yang akan dipandu instruktur yoga dari Pasemetonan Yoga Asana Seger Oger Ida Bagus Candi.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010