Nusa Dua (Antara Bali) - Hasil pertemuan Forum Media Global 2014 yang berlangsung Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, 26--28 Agustus akan memberikan masukan bagi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk merumuskan program kerja pasca-2015.

"Sebaimana diketahui bahwa dari tahun 2000-2015 konsepnya mengembangkan pembangunan berkelanjutan (Millenium Development Goals/MDGs) dengan delapan program utamanya," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Freddy Tulung di sela-sela pembukaan Forum Media Global di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Selasa.

Dalam pertemuan yang digelar selama tiga hari itu dihadiri oleh sejumalah perwakilan media nasional dan internasional serta sejumlah pemuda penggiat media.

Ia menjelaskan bahwa tujuan-tujuan MDGs adalah menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar untuk semua, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, malaria, dan penyakit menular lainnya, memastikan kelestarian lingkungan hidup, serta mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

Target imuniasi Indonesia dalam pembangunan berkelanjutan/MDGs telah tercapai, namun masih perlu cakupan imunisasi rutin.

"Sekarang sudah mencapai 2015. Dan pertanyaannya adalah apa yang menjadi prioritas program PBB pasca-2015?," ujarnya.

Menurut dia, ada komponen utama yang menjadi perhatian yaitu penanggulangan kemiskinan belum berkurang secara signifikan dan masih memerlukan perhatian lebih jauh, peperangan atau konflik, dan dibutuhkan pembangunan berkelanjutan.

Dengan demikian, pihaknya media menjadi sarana pendidikan di ruang publik untuk memecahkan persoalan bangsa dan negara.  (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014