Negara (Antara Bali) - Ribuan warga Kabupaten Jembrana, pesta nasi jinggo (nasi bungkus dengan ukuran sedikit berikut lauknya), saat puncak HUT Kota Negara ke 119, Jumat.

Pantauan di lapangan, pesta nasi yang menjadi favorit warga ini, diawali dengan jalan santai, yang juga diikuti Bupati Jembrana, I Putu Artha serta unsur Muspida, termasuk pejabat Pemkab setempat, dengan rute melingkari Kota Negara.

Setelah berjalan sekitar satu jam, ribuan warga ini disuguhi nasi jinggo gratis, di areal Gedung Kesenian Bung Karno, dengan iringan konser musik.

Warga yang sebelumnya sudah diberikan nomer peserta ini, juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah, dengan hadiah utama satu unit sepeda motor.

Usai menikmati nasi jinggo, dan pembagian hadiah, warga diberikan kesempatan untuk berlomba memanjat enam pohon pinang, yang berisi berbagai hadiah diatasnya.

Ratusan orang, mulai dari orang dewasa, hingga murid SMP dan SMA, berusaha memanjat pohon pinang yang licin tersebut, namun hanya beberapa yang bisa sampai di puncaknya.

"Perayaan HUT Kota Negara, kami sebar di seluruh kecamatan, agar masyarakat hingga ke desa bisa ikut merasakannya," kata Artha.

Kemeriahan HUT Kota Negara, yang merupakan ibukota Kabupaten Jembrana ini, masih akan berlanjut hingga tanggal 31 agustus, dengan pertunjukan terakhir pawai budaya.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014