Denpasar (Antara Bali) - Trafik layanan data atau "payload" Telkomsel pada periode H-1 hingga H+1 Idul Fitri di Bali, NTB, dan NTT meningkat 22,04 persen.

"Peningkatan trafik layanan komunikasi di Bali, NTB, dan NTT juga mengalami peningkatan mencapai 139,33 persen dibandingkan periode yang sama pada Lebaran tahun 2013," kata GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra, Danny A. Triawan di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, secara total peningkatan trafik layanan terjadi di 31 "hotspot" di Bali-Nusra, yakni Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padang Bai, Terminal Ubung, Pantai Kuta, Pantai Padma Seminyak, Jimbaran, Garuda Wisnu Kencana, Tanjung Benoa, Pasar Sukawati, dan Bedugul.

Selanjutnya di Nusa Tenggara Barat yaitu Bandara Internasional Lombok, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Kayangan, Terminal Mandalika Lombok, Pantai Senggigi, Gili Trawangan, dan Lapangan Merdeka Bima.

Kemudian di Nusa Tenggara Barat juga mengalami peningkatan yaitu Bandara El Tari Kupang, Bandara Frans Seda Maumere, Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende, Bandara Mau Hau Waingapu, Pelabuhan Tenau, Pelabuhan Lembata, Terminal Kefamenanu, Mall Flobamora, Taman Nostalgia, Pasar Waikabubak, Pasar Inpres Soe, Alun-alun Atambua, dan Labuan Bajo.

Kenaikan "payload" tertinggi dibandingkan hari normal terjadi di lokasi wisata dengan 330,99 persen, disusul pelabuhan (285,49 persen), dan pasar oleh-oleh (185,91 persen).

Wilayah dengan peningkatan volume payload tertinggi adalah lokasi wisata pantai dengan 201,92 gigabyte, disusul bandara (73,62 gigabyte), dan lalu pelabuhan (61,81 gigabyte).

Sementara itu, berbanding terbalik dengan "payload" trafik layanan suara dan pesan singkat elektronik (SMS) pada periode Lebaran tahun ini cenderung menurun dibandingkan hari normal.

"Puncak trafik layanan suara terjadi pada hari H Lebaran dengan 65,31 juta menit, turun tipis 0,08 persen dibandingkan hari normal," ujarnya.

Sementara puncak trafik SMS terjadi pada hari H-1 Lebaran dengan 45,38 juta SMS atau lebih rendah 1,22 persen dibandingkan hari normal. Apabila dibandingkan dengan Lebaran tahun 2013, trafik layanan suara meningkat 13,3 persen, sedangkan trafik SMS naik signifikan 91,26 persen.

Tren penggunaan layanan data di Bali Nusra tidak hanya terjadi untuk menyampaikan ucapan "selamat lebaran" melalui aplikasi BBM, WhatsApp, dan Line, tetapi terus berlanjut hingga H+7 Lebaran.

"Selain itu Bali merupakan destinasi wisata utama di Indonesia, dimana turis lokal dan mancanegara akan mengunggah foto liburannya bersama keluarga dan kerabat ke akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan Instagram," ujarnya.

Selama periode Lebaran 2014 secara umum pelanggan juga terlayani dengan baik, di mana tingkat kesuksesan layanan suara rata-rata lebih dari 98 persen, sementara tingkat kesuksesan layanan data rata-rata di atas 99 persen.

"Berkat semua persiapan penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan yang kami lakukan, kebutuhan komunikasi pelanggan Telkomsel di wilayah Bali-Nusra pada periode Lebaran ini dapat terakomodasi dengan baik," tambahnya.

Telkomsel tetap menyiagakan seluruh elemen jaringan hingga H+7 Lebaran, termasuk mengoperasikan enam unit compact mobile BTS atau Combat di Gilimanuk, Bedugul, Pecatu, Singaraja, Karangasem, dan Mareje untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Telkomsel.(WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014