Jembrana (Antara Bali) - Kepolisian Daerah Bali mengerahkan 250 personel untuk mengamankan pelaksanaan arus mudik dan balik di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Kamis.

"Personel kami tersebar di beberapa titik di pelabuhan untuk memastikan pelaksanaan mudik Lebaran 2014 berjalan dengan aman dan lancar," kata Direktur lalu lintas Polda Bali Kombespol I Wayan Sunartha.

Namun, pihaknya mengingatkan kepada para pemudik untuk tetap waspada dalam perjalan dengan mengikuti aturan lalu lintas yang berlaku. "Dan ingat jangan membawa barang yang terlalu berlebihan saat mudik lebaran agar tidak memicu potensi adanya tindak kriminal," ujarnya.

Selain itu, sepanjang jalur utama yang menghubungkan Kota Denpasar-Kabupaten Tabanan dan Jembrana sudah memasang rambu agar para pemudik aman dan selamat sampai tujuan.

Sementara itu, saat melakukan penyebrangan dari Pelabuhan Gilimanuk ke Ketapang, Kabupaten Banyuangi, agar tidak memaksakan diri naik ke kapal. "Ikuti aturan yang diberlakukan petugas di pelabuhan," ujarnya.

Pada mudik Lebaran 2014 pihak Pelabuhan Gilimanuk-Ketapang mengoperasikan 36 kapal dan 8 kapal cadangan.

Pengoperasian itu meningkat derastis dibandingkan hari-hari biasa yang hanya mengoperasikan 24--32 kapal penyebrangan. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014