Denpasar (Antara Bali) - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam wadah Komando Resimen Mahasiswa (Komenwa) Ugracena Bali melakukan bhakti sosial di Monumen Tanah Aron Kabupaten Karangasem, Bali timur selama dua hari, 19-20 Juli 2014.

"Kegiatan itu dibuka Kasdim Karangasem, Mayor Inf Dewa Ketut Darmada serangkaian memperingati HUT ke 50 Komando Resimen Mahasiswa Ugracena Bali," kata Komandan Satuan Menwa Universias Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar, Susiyani Widyawati di Denpasar, Senin.

Didamping Ida Wayan Oka alumni Menwa yang berdomisili di Budakeling, Karangasem menjelaskan, kegiatan bakti sosial tersebut antara lain gerakan kebersihan dan penghijauan di sekitar monumen.

Selain itu juga memberikan bantuan alat sekolah kepada 75 siswa sekolah dasar (SD) yang ekonomi orang tuanya tidak mampu.

Kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat setempat juga diisi dengan dialog kebangsaan dan pemutaran film perjuangan I Gusti Ngurah Rai, pahlawan nasional yang gugur di medan perang di Margarana, Tabanan 20 Nopember 1946.

Wakil Asisten Operasional Kemenwa Ugracena Bali Ida Bagus Suryastana menjelaskan , bhakti sosial kali ini merupakan yang ke-21 dari 50 kali kegiatan yang dilaksanakan serangkaian peringatan tahun ini.

Kegiatan serupa sebelumnya telah berlangsung di Monumen Penglipuran, sebuah desa wisata di Kabupaten Bangli.

Berbagai kegiatan sosial sengaja menekankan kemampuan dan keterampilan para anggota, namun mampu memberikan manfaat kepada masyarakat.

Dalam memperingati HUT ke-50 Menwa Ugracena Bali 2014 dinilai unik karena organisasi mahasiswa ini bersama Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Bali melakukan sekitar 50 jenis kegiatan.

Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi ini bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Bali juga ikut berperanserta menanggulangi peredaran gelap narkoba di tanah air, yang merambah para generasi muda.

Komenwa Ugracena dalam rangkaian ini menyusun program kerja dengan IARMI Bali yang dipimpin oleh Ketut Sudikerta yang juga Wakil Gubernur Bali menyusun program yang bisa dilaksanakan secara nyata dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014