Denpasar (Antara Bali) - Direktorat Lalu Lintas Polda Bali bersama dengan instansi terkait lainnya telah menyiapkan jalur alternatif di wilayah tengah mengantisipasi kemacetan di jalur selatan Tabanan-Gilimanuk menjelang mudik Lebaran 2014.

"Kami akan `all out` dalam mengantisipasi kepadatan jalur mudik," kata Direktur Lalu Lintas Polda Bali Komisaris Besar I Wayan Sunartha di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, pengalihan arus akan dilakukan apabila di kawasan Selemadeg di Kabupaten Tabanan mengalami kemacetan parah. Pengalihan menuju penyeberangan Bali-Jawa itu akan diarahkan melalui jalur Tabanan-Buleleng-Gilimanuk yakni melalui Pupuan-Busungbiu-Seririt-Gilimanuk dengan jarak sekitar 83 kilometer.

Sedangkan di jalur selatan menuju Pelabuhan Padangbai, di Kabupaten Karangasem, polisi tidak menerapkan jalur alternatif.

Penyeberangan menuju Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat itu masih dilalui jalur utama Denpasar-Gianyar-Klungkung-Padangbai. Sedangkan jalur utara yakni melalui Singaraja, Buleleng, menuju Gilimanuk, Kabupaten Jembrana ditempuh dengan jarak sekitar 131 kilometer.

Untuk jalur dari Singaraja menuju Pelabuhan Padangbai ditempuh dengan jarak sekitar 144 kilometer. (DWA)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014