Kuta (Antara Bali) - Komandan Korem 163/Wirasatya Kolonel Infantri Heri Wiranto menyatakan pihaknya menjamin profesionalitas dan netralitas Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Bali menjelang Pilpres 2014.

"Kami di Bali tetap menjaga itu (profesionalitas) dan Babinsa cukup profesional dan memposisikan dirinya sebagai unsur pengamanan wilayah untuk membantu polisi," katanya ditemui di Kuta, Kabupaten Badung, Senin.

Menurut dia, pihaknya telah memberikan pembekalan kepada para anggota TNI yang terdepan berada di masyarakat sebelum pelaksanaan pemilihan legislatif.

"Kami telah memberikan penekanan dan arahan khusus terkait pemilihan legislatif sehingga nantinya Babinsa melaksanakan tugas sesuai porsi secara profesional," ujarnya.

Pihaknya juga telah menyiagakan petugas yang mencapai 1 SSK (satuan setingkat kompi) di Korem 163/Wirasatya dan di delapan Kodim di seluruh Pulau Dewata sebanyak 1 pleton petugas untuk membantu polisi dalam melaksanakan pengamanan Pilpres.

Ia menegaskan pihaknya menjamin netralitas aparatnya dalam pemilihan presiden berdasarkan perintah dari komandan tertinggi baik presiden maupun panglima TNI.

"Kami tegaskan bahwa kami netral dan jaga Bali agar santhi (damai)," ujarnya.

Hal tersebut perlu ditegaskan karena h sebelumnya diduga adanya keterlibatan oknum Babinsa di Jakarta yang mengarahkan masyarakat untuk memilih calon presiden tertentu.

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko pun telah menegaskan bahwa pihaknya netral dan tidak terlibat dalam politik praktis menjelang pesta demokrasi lima tahunan itu. (WRA) 

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014