Denpasar (Antara Bali) - Tarian Ambatik yang menceritakan wanita dalam membatik menjadi andalan penampilan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-36 di Art Centre Kota Denpasar, Minggu.

Para seniman dari Kabupaten Bantul itu mendapat kesempatan pada hari ketiga PKB XXXVI dengan menampilkan sejumlah tarian khas yaitu Tari Montro, Tari Cakil, dan Tari Ambatik.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Heni Rahmawati mengatakan, kesempatan untuk bisa tampil di PKB adalah kesempatan emas karena memiliki peluang besar dalam mempromosikan potensi pariwisata kabupaten sebelah selatan Kota Yogyakarta itu.

"Ini adalah penampilan pertama kami di PKB, mudah-mudahan ada kesempatan pada ajang kesenian lainnya di Bali sehingga kami bisa maksimal mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Bantul," ujarnya.

Menurut dia, kesenian yang ditampilkan itu hanya sebagian kecil dari Kabupaten Bantul dan masih banyak kesenian dan potensi yang dimiliki daerah itu.

Pada kesempatan itu, Heni mengajak 25 orang seniman asal Bantul untuk menghibur para pengunjung yang ada di PKB.

Para seniman tersebut terlihat cukup lihai memanjakan para penonton sehingga berulang kali para penonton memberikan tepuk tangan dan semangat kepada para seniman tersebut.

Pada akhir penampilannya para penonton diberikan kesempatan untuk berfoto bersama para seniman yang manggung itu. (M038)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014