Denpasar (Antara Bali) - The Sukarno Center menyerahkan penghargaan kepada Presiden Susilo Bambang atas penilaian terhadap sikap, pandangan, dan konsistensinya ajaran Pancasila.

Penghargaan kepada kepala negara tersebut diserahkan oleh Ketua Dewan Pembina The Sukarno Center Sukmawati Soekarnoputri di The Sukarno Center di Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Rabu (7/5).

Presiden The Sukarno Center I Gusti Ngurah Arya Wedakarna di Denpasar, Kamis, mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan karena Presiden Yudhoyono telah menerbitkan Surat Keputusan Presiden Nomor 83/TK/Tahun 2012 yang menetapkan Dr (HC) Ir Soekarno sebagai pahlawan nasional dan Pancasila telah ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia.

Dalam kesempatan itu Presiden menegaskan bahwa Pancasila sebagai dasar negara tak perlu diperdebatkan lagi, Pancasila harus menjadi ideologi, dasar negara serta pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

Para pemimpin di Indonesia diharapkan menjadi contoh dan meneladani pemikiran-pemikiran Bung Karno yang menjadi awal lahirnya Pancasila. (M038)

Pewarta: Oleh IK Sutika

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014