Mangupura (Antara Bali) - Sebanyak 30 orang pejabat struktural Eselon IV di Pemerintah Kabupaten Badung mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan tigkat IV.

"Diklat ini bertujuan untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing," kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kabupaten Badung I Made Witna di Mangupura, Selasa.

Menurut dia, para peserta nantinya akan diasramakan di Badan Diklat Provinsi Bali selama 98 hari pada 6 Mei-25 Oktober 2014.

Menurut dia, membentuk PNS profesional lengkap dengan kompetensi tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi diperlukan waktu dan proses yang panjang yang salah satunya melalui jalur pendidikan dan pelatihan atau diklat.

Kompetensi itu harus mampu mensinergikan antara pengetahuan, ketrampilan, serta sikap dan prilaku untuk dapat melaksanakan peran, tugas, dan tanggung jawab dengan maksimal.

Kepala Badan Diklat Provinsi Bali Ida Bagus Sedewa memberikan apresiasi kepada Pemkab Badung yang sudah mempercayakan Badan Diklat Provinsi Bali untuk melaksanakan diklat para pejabat di pemerintahan setempat.

"Diklat kali ini yakni ada lima tahapan yang harus diikuti peserta sehingga dapat mewujudkan pemimpin yang mampu melakukan perubahan dan inovasi yang baru sehingga mampu memajukan lembaga pemerintahan tersebut," ujarnya. (M038)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014