Ambon (Antara Bali) - Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta akan menggelar kampanye donor darah di Jakarta dan lima kota lainnya di Indonesia pada 6-7 Mei 2014.

Petugas diplomasi publik Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Ed Dunn, dalam siaran pers, Minggu, menjelaskan, kampanye donor darah bertema Blood4Nation berkerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) serta lembaga sosial masyarakat (LSM) Blood4Life.

Pada Januari 2012, di Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta, berhasil mengumpulkan 260 kantong darah, dan pada 2013 kegiatan serupa diperluas hingga ke enam kota dan berhasil mengumpulkan hampir 1.000 kantong darah. 

Sesuai standar WHO, PMI mempunyai target 4,5 juta kantong darah dari para pendonor Indonesia setahun. 

Peluncuran kegiatan Blood4Nation akan dipusatkan di Jakarta pada 6 Mei 2014 pukul 12.00 WIB dan berakhir dengan penyerahan Piala Duta Besar untuk lokasi yang berhasil mengumpulkan kantong darah terbanyak pada 7 Mei pukul 16.00 WIB.

Lima kota lain di luar Jakarta yang akan menjadi lokasi kampanye donor darah yakni Yogyakarta, Padang, Ambon, Makassar dan Bandung.

"Khusus luar Jakarta kegiatan donor darah akan dilaksanakan di American Corners yang berada di kampus-kampus yakni Institut Teknologi Bandung (Bandung), Universitas Hasanuddin (Makassar), Universitas Muhammadiyah (Yogyakarta), Universitas Pattimura (Ambon) dan Universitas Andalas (Padang)," katanya.

Kegiatan donor darah di lima daerah tersebut akan dilakukan pimpinan American Corners bekerja sama dengan cabang-cabang PMI setempat selama dua hari dan akan dimulai 10.00 pagi hingga 15.00 waktu setempat.

Sedangkan pusat kebudayaan Amerika yang berlokasi pada Mal Pacific Place, Jakarta akan mengumpulkan darah para pendonor selama dua hari mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Kegiatan ini juga akan diramaikan pentas musik, stand-up comedy dan hiburan lainnya.

Dunn mengatakan, setiap warga yang bersedia mendonorkan darahnya akan memperoleh kaos, tas, gelang serta sertifikat yang ditanda tangani Duta Besar Amerika Serikat Robert untuk Indonesia, Robert Blake Jr, yang menunjukkan dukungan mereka dalam aksi Blood4Nation 2014. 

Pewarta: Oleh Jimmy Ayal

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014