Denpasar (Antara Bali) - Partisipasi pemilih pada pemilu legislatif di Kota Denpasar mencapai 73 persen dari total jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 407.475 jiwa.

"Jumlah pemilih yang datang ke TPS (tempat pemungutan suara) 298.007 orang," kata Ketua KPU Kota Denpasar I Gede Jhon Dharmawan, Kamis.

Untuk jumlah pemilih berdasarkan kecamatan, yaitu Denpasar Barat sebanyak 86.763, Denpasar Utara 77.338, Denpasar Timur 55.525, dan Denpasar Selatan 78.381.

Menurut dia, angka tersebut cukup menggembirakan dalam peningkatan partisipasi masyarakat yang memberikan hak suaranya. "Jika dibandingkan dengan pilkada hanya sekitar 63 persen saja," ujarnya.

Jhon menilai hal tersebut tidak terlepas dari sosialisi yang sudah maksimal, selain melalui terbentuknya tenaga relawan demokrasi. "Kami berterima kasih kepada masyarakat Kota Denpasar karena telah menggunakan hak pilihnya," kata Jhon.

Terkait dengan pemilu presiden, dia juga optimis dengan partisipasi masyarakat di Ibu Kota Provinsi Bali itu karena calon presiden yang telah ditentukan oleh partai adalah sosok yang populer. "Kami juga yakin partai akan mengerahkan kader dan simpatisan untuk mendukung calon presidennya," katanya.

Untuk target awal KPU Kota Denpasar yaitu 80 persen masyarakat memberikan hak suaranya, Jhon mengakui tidak tercapai. "Namun, dengan angka diatas 70 persen adalah hasil yang membanggakan," ujarnya. (M038)

Pewarta: Oleh I Made Argawa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014