Denpasar (Antara Bali) - Kalangan calon anggota legislatif dari kaum perempuan di Bali memprihatinkan masalah kesehatan yang mengakibatkan kematian ibu dan bayi saat proses persalinan.

"Meski angka kasus yang terjadi terus mengalami penurunan, namun masalah kematian ibu dan bayi ini perlu mendapat perhatian," ujar Ni Putu Sri Purwaningsih, calon anggota DPRD Kabupaten Badung dari Partai Demokrat di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, kematian ibu dan bayi tetap menjadi ancaman bagi masyarakat Bali, khususnya kaum ibu yang berdomisili di daerah terpencil jauh dari pusat pelayanan kesehatan.

Purwaningsih menjelaskan bahwa pembangunan sarana kesehatan dan Puskesmas Pembantu hingga ke desa-desa memang sangat menggembirakan. Namun, harus dibarengi dengan kesadaran kaum ibu dalam menjaga dan memelihara kesehatannya saat hamil.

"Bila saya dipilih rakyat untuk menjadi anggota DPRD Badung akan berusaha memberikan penyuluhan maksimal kepada kaum ibu tentang pentingnya menjaga kesehatan saat hamil dengan rutin mengunjungi pelayanan kesehatan," ujarnya.

Perempuan yang berprofesi sebagai bidan di sebuah rumah sakit swasta tersebut mengatakan bahwa ibu hamil juga wajib memperhatikan pola makan sehingga saat persalinan bayi yang dilahirkan sehat.

Hal senada dikatakan Desy Sartika Dewi, Caleg Partai Nasdem untuk DPRD Kota Denpasar mengatakan bahwa perlu adanya bimbingan dan penyuluhan untuk menurunkan tingkat kematian ibu dan bayi dengan tetap menjaga kesterilan alat-alat kesehatan tersebut.

Sementara itu, Caleg DPR-RI Dapil Bali dari PDIP, I Gusti Agung Putri Astrid mengemukakan bahwa meski sudah ada perluasan pendidikan. Namun, pengetahuan masyarakat tentang masalah kesehatan ibu hamil memang masih terbatas.

"Di berbagai daerah Indonesia kaum perempuan terutama kalangan ibu dan anak memerlukan transportasi jalan yang menjadi akses menuju pusat-pusat pelayanan kesehatan, bukan semata-mata jalan untuk akses ekonomi," ujar Astrid. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014