Kuta (Antara Bali) - Kalangan caleg perempuan Partai Nasional Demokrat berjanji akan memperjuangkan bidang kesehatan, pertanian dan pendidikan.

"Apabila nanti terpilih, saya akan memperjuangkan hak perempuan terutama di bidang kesehatan khususnya penyakit kanker," kata Andi Rafika, Caleg Partai Nasdem Dapil 1 Denpasar Utara, di Kuta, Kamis.

Putri kelahiran Makassar 11 Mei 1969 itu mengatakan bahwa kebanyakan kaum wanita belum banyak memahami tentang bahaya penyakit kanker servik dan payudara.

"Visi dan misi saya inilah yang akan saya perjuangkan sehingga perempuan memperoleh kesehatan yang optimal," ujar Rafika, ibu dari tiga anak itu.

Hal yang berbeda dikatakan Caleg Partai Nasdem Dapil 5 Denpasar Selatan, Didik Purwati, bahwa apabila terpilih menjadi wakil rakyat, dia akan fokus mengatasi masalah pertanian yang kian hari mengalami kehilangan lahan.

"Saat ini petani kita juga menjerit karena biaya pajak yang begitu mahal sehingga lahannya dijual dan digantikan dengan bangunan vila maupun untuk perumahan khususnya di Kota Denpasar," ujar Putri Jawa Timur kelahiran Malang 30 Maret 1962 itu.

Selain itu dirinya akan melakukan upaya kebersihan dan pelestarian lingkungan.

Lili Juniathi, Caleg Partai Nasdem Dapil 1 Denpasar Utara mengatakan bahwa apabila terpilih dia akan memperjuangkan bidang pendidikan nonformal terutama di luar lingkungan sekolah.

"Ini yang kebanyakan anak tidak mendapat perhatian dari pemerintah sehingga budi pekerti anak mengalami kemunduran," ujar Putri Bali kelahiran Denpasar 30 Juni 1972.

Ia mengatakan peran serta orang tua dalam pendidikan nonformal perlu diperhatikan sehingga anak tidak semata-mata mendapat pendidikan formal saja. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014