Denpasar (Antara Bali) - Berbagai komunitas seniman dan kepemudaan di Bali melakukan aksi pengumpulan dana sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana alam di Pulau Dewata dan wilayah lainnya di Tanah Air.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Bali untuk ikut peduli menyumbang dan membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam," kata Ketua Acara Lintas Komunitas Peduli Bencana Alam, Pande Putu Adi Setyawan di Denpasar, Minggu.

Sejumlah komunitas yang terlibat dalam aksi penggalangan dana tersebut diantaranya Remaja Kreatif Bali, Dapur Olah Kreatif, Komunitas Flobamora (Flores Sumba Timor Alor), Pemuda Bali Bersatu, Komunitas Sahabat Indonesia Putih, Komunitas Tidar, para musisi, pelukis serta sejumlah aktivis lingkungan.

Kegiatan penggalangan dana diisi dengan penampilan musik dan lagu dari beberap grup band serta pelelangan sebuah lukisan yang langsung dikerjakan di tempat acara digelar.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyampaikan apresiasinya atas aksi penggalangan dana yang dilakukan lintas komunitas itu.

"Saya terharu, kalian khususnya generasi muda mempunyai hati mulia untuk berbagi dan ada rasa kebersamaan dengan manusia lainnya," ucapnya.

Menurut dia, berbagi dan menolong sesama merupakan kewajiban setiap insan di dunia dan manusia yang benar-benar asli adalah mereka yang memiliki perasaan dan kepedulian.

"Jadilah manusia asli dan jangan dipenuhi dengan kepura-puraan," harap mantan Kapolda Bali itu.

Ia berharap kegiatan peduli bencana alam ini dapat terus dilaksanakan dan selanjutnya sumbangan yang terkumpul dapat segera disalurkan kepada para korban di masing-masing lokasi.

Pada kesempatan itu, Pastika atas nama pribadi juga langsung memberikan donasi sebesar Rp10 juta kepada penyelenggara acara. (LHS)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014