Denpasar  (Antara Bali) - Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kota Denpasar mendapatkan bantuan perahu karet dari Balawista Provinsi Bali yang diserahkan di Pantai Sanur, Denpasar.

"Bantuan yang diberikan selain perahu karet di antaranya dua dayung, dan satu pompa," kata Ketua Balawista Provinsi Bali Gde Berata di Denpasar, Jumat.

Dengan pemberian bantuan ini diharapkan dapat membantu petugas Balawsita Kota Denpasar yang memiliki tugas pengawasan yang panjang, yakni dari Pantai Padang Galak hingga Pantai Pulau Serangan.

Gde Brata mengatakan untuk ke depannya akan mengusulkan penambahan personil untuk menjaga di Pantai Sanur,dan pihaknya juga telah membuka cabang-cabang di setiap Kabupaten/Kota yang berada di bawah Dinas Pariwisata dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Kami akan mengajukan ke Gubernur untuk menambah personil khususnya di Pantai Sanur," katanya.

Di samping itu Ketua Balawista Kota Denpasar I Wayan Sudiana memberikan apresiasi atas bantuan yang telah diberikan, sehingga akan mempermudah tugas dari para personil di lapangan.

"Bantuan ini akan sangat membantu, apalagi kunjungan masyarakat dan wisatawan ke pantai khususnya Sanur sangat ramai terutama pada hari libur," katanya.

Ia menambahkan jumlah anggota Balawista Kota Denpasar kini berjumlah 18 orang yang terbagi dalam empat pos penjagaan yakni di Pos Padang Galak, Museum Lemayur, Segara Ayu, dan Pulau Serangan.

"Untuk personil yang ditempatkan di setiap pos terdiri dari tiga sampai empat orang, kami rasa belum cukup, sehingga akan kami ajukan lagi permohonan untuk penambahan anggota baru," ujar Sudiana.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Putu Budiasa mengatakan

perlunya penambahan anggota Balawista baru. "Sekarang anggota berjumlah 18 orang tersebut terdiri dari empat orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sisanya tenaga kontrak," katanya.

Untuk penambahan tenaga baru ia merencanakan sebanyak sepuluh orang pegawai kontrak, karena pengawasan sepanjang daerah pantai Kota Denpasar dari Pantai Padang Galak hingga Serangan sangat panjang dan ada rencana untuk menambah pos tambahan baru di Pantai Serangan.

"Tapi kami juga bersyukur adanya bantuan masyarakat khusunya kelompok jukung yang ikut melakukan pengawasan dengan anggota Balawista," ujarnya.  (WRA) 

Pewarta: Oleh Made Argawa

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014