Denpasar (Antara Bali) - Ombudsman RI dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bali mengawasi tes penerimaan calon pegawai negeri sipil Pemerintah Kota Denpasar yang diikuti 598 peserta, Minggu.

"Pemerintah Kota Denpasar memang telah berkomitmen untuk melaksanakan berbagai kegiatan pemerintah secara transparan dan akuntabel, termasuk dalam penerimaan CPNS kali ini," kata Sekretaris Daerah Kota Denpasar AAN Rai Iswara di sela-sela pemantauan pelaksanaan tes CPNS tersebut.

Pada tes CPNS Kota Denpasar ini diawali dengan pembukaan soal tes oleh Sekda Kota Denpasar dari dalam segel kardus yang disaksikan Mubarok dari Ombusman dan Prajito Yulianto dari BPKP Bali didampingi Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Denpasar Dewa Sudarsana, Kepala Inspektorat Kota Denpasar IB Sidarta, dan instansi terkait serta pihak kepolisian.

Sebelum meninjau pelaksanaan tes CPNS, Rai Iswara juga memberikan pengarahan kepada para pengawas ujian agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Para pengawas merupakan salah satu pencipta citra Pemerintah Kota Depasar. Sebagai pengawas tes harus mengetahui tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing dan mengetahui benar bahwa pengawas hanya memfasilitasi dalam membagikan soal dan bila ada permasalahan agar berkoordinasi dengan panitia," katanya.

Mengingat pelaksanaan tes CPNS ini diawasi oleh semua media, Ombudsman dan BPKP serta pihak lain, dia berharap pengawas dapat melaksanakan tugas dan pengawasan secara baik.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Kota Denpasar Ida Bagus Rahoela menambahkan bahwa tes CPNS ini diikuti 598 orang peserta yang terdiri dari 165 tenaga guru dan 433 tenaga teknis atau administrasi.

Peserta tes CPNS harus mengisi lembar jawaban tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang.

Mubarok dari Ombudsman Bali mengemukakan bahwa semua kegiatan tes CPNS di Kota Denpasar telah berjalan sesuai dengan prosedur, mulai dari penerimaan soal hingga pembagian kepada para peserta.

"Semua panitia penyelenggara telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan tupoksinya masing-masing," katanya.

Meskipun demikian, pihaknya akan terus mengawal pelaksanaan tes CPNS ini hingga pengumuman dan pemusnahan soal-soal ujian tersebut.

"Tentunya kami akan terus mengawal pelaksanaan tes CPNS ini sehingga pelaksanaan yang telah berjalan dengan baik ini terus dapat dilaksanakan hingga pengumuman nanti," kata Mubarok. (LHS)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013