Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung Anak Agung Gde Agung optimistis peningkatan jumlah wisatawan ke daerah terkaya di Provinsi Bali itu seiring dengan banyaknya kegiatan bertaraf nasional dan internasional.

"Bahkan kami bisa memprediksi kedatangan wisatawan sampai tiga juta lebih," katanya di Mangupura, Kabupaten Badung, Rabu.

Kegiatan yang berskala global seperti kontes kecantikan "Miss World" dan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) beberapa waktu lalu juga menjadi indikator naiknya jumlah wisatawan.

Ia menjelaskan bahwa jumlah delegasi dari 21 negara anggota APEC yang datang dalam kegiatan itu bersama 5.000 awak media dari berbagai belahan dunia memberikan kontribusi yang sangat besar kepada pariwisata di Pulau Dewata.

Bahkan para delegasi dan awak media menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan ke beberapa objek wisata di Pulau Dewata sehingga juga memberikan kontribusi kepada pelaku usaha kecil dan menengah di daerah itu.

Terbukti pihaknya telah memesan ratusan cendera mata yang dibuat oleh seniman asal Desa Kerobokan, Kabupaten Badung, untuk diberikan kepada para delegasi yang ikut serta dalam KTT APEC tersebut.

Dengan demikian, kegiatan yang berskala internasional yang digelar di Kabupaten Badung memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan pariwisata di Bali.

Sebelumnya, sebanyak 278 orang wartawan dari berbagai negara yang meliput Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) mendapat kesempatan menikmati perjalanan wisata di Bali secara cuma-cuma.

"Kegiatan perjalanan wisata itu merupakan kebijakan dan keputusan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mempromosikan potensi pariwisata di sela-sela kegiatan KTT APEC," kata Kepala Hubungan Masyarakat Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi Bali Amos Lilo.

Menurut dia, dari hasil perjalan wisata itu, semua wartawan mengaku puas dan memberikan penilaian positif terhadap pelayanan dan objek wisata yang mereka kunjungi.

"Semuanya sangat terkesan dan mengagumi keramahtamahan masyarakat Indonesia dan keindahan alam dan budaya Bali," ujarnya.

Hampir sebagian besar wartawan yang mengkuti kegiatan itu mengaku sangat tertarik dengan keindahan objek wisata di Ubud, Pura Uluwatu, dan Tari Kecak.

"Padahal itu masih sebagian kecil destinasi yang mereka ketahui di Pulau Dewata," ujar Amos. (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013