Denpasar (Antara Bali) - Prof Helen Creese asal Australia, peneliti tentang Bahasa Jawa kuno dan sastra Bali, mengulas tentang sosok perempuan dalam bukunya yang berjudul "Perempuan dalam dunia kekawin".

"Buku yang diterbitkan Pustaka Larasan 2012 dengan penyunting Prof Dr I Nyoman Darma Putra M.Litt, guru besar Fakultas Sastra Universitas Udayayana akan diperbincangkan lebih mendalam di Bentara Budaya Bali (BBB) Ketewel Gianyar," kata Juwitta Lasut, penata acara BBB di Denpasar, Sabtu.

Diskusi menampilkan pembicara Prof Helen Creese (penulis), Prof Dr I Nyoman Darma Putra M.Litt (penyunting buku), dan Drs I Dewa Gede Windu Sancaya M Hum (sastrawan).

Kegiatan itu melibatkan seniman, budayawan, mahasiswa dan masyarakat umum program Pustaka Bentara (13/10) di Bentara Budaya Bali Minggu malam (13/10), ujar Juwitta Lasut.

Slamat Trisila dari Penerbit Pustaka Lasaran yang kerap menerbitkan buku-buku seputar kajian dan sejarah menjelaskan, selama lebih dari satu millennium, pujangga Jawa dan Bali menurunkan kembali ikhtisar lingkungan kerajaan,

Hal itu diturunkan dalam bentuk puisi-puisi epik kakawin sebagai cerminan kehidupan istana yang ditempati oleh mereka dan para pelindungnya. Namun usaha untuk menghidupkan kembali dunia kakawin kurang mendapat perhatian, ujar Slamat Trisila. (WRA) 

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013