Denpasar (Antara Bali) - Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Tabanan I Wayan Sukaja-IGN Anom (Sukarno) unggul di "kandang" lawan terberatnya pasangan Ni Putu Eka Wiryastuti-Sanjaya (Eka-Jaya) di TPS V Desa Baturiti Kelod, Kecamatan Baturiti.

Di tempat kelahiran calon bupati Eka Wiryastuti itu, pasangan Sukarno meraih 250 suara, sementara Eka-Jaya mengumpulkan 216 suara, ujar petugas pada TPS V Baturiti Kelod, Selasa.

Pemilihan Umum Kepala Daerah (pilkada) Tabanan kali ini tercatat diikuti tiga paket kandidat bupati dan wakil bupati, masing-masing pasangan Ni Putu Eka Wiryastuti-Sanjaya (PDI-P), Wayan Sukaja-IGN Anom (Partai Golkar) dan Wirasana-Oka Mahendra (Partai Demokrat)

Untuk pasangan Wirasana-Oka Mahendra, di TPS V Baturiti Kelod tercatat mengumpulkan angka terkecil, yakni delapan suara.

Sementara di TPS III Baturiti Kelod yang lokasinya bersebelahan dengan TPS V, paket Sukarno kembali mengumpulkan angka terbanyak yakni 499 suara, sementara paket Eka-Jaka dan Wirasana-Oka Mahendra masing-masing 37 dan satu suara.

Sedangkan di TPS II Banjar Bugbugan, Kecamatan Marga, yang merupakan tempat kelahiran Wayan Sukaja, paket Sukarno mencuat ke permukaan dengan mengumpulkan 400 suara. Paket Eka-Jaya yang diusung PDI Perjuangan hanya mampu mengantongi 16 suara, dan pasangan Wirasana-Oka Mahendra dua suara.

Jumlah pemilih pada Pilkada Kabupaten Tabanan kali ini tercatat 366.902 orang, tersebar pada 725 TPS yang disediakan.

Berdasarkan hasil perhitungan cepat yang dilakukan tim RRI Stasiun Denpasar, paket Sukarno telah mengumpulkan 82 persen suara, Eka-Jaya 15 persen, dan pasangan Wirasana-Oka Mahendra hanya meraih tiga persen dari suara yang telah masuk.

Pilkada Kabupaten Tabanan merupakan salah satu dari lima kabupaten/kota di Bali yang kini menggelar pesta demokrasi secara serentak.

Pilkada di empat kabupaten/kota lainnya meliputi Kabupaten Karangasem, Bangli, Badung dan Kota Denpasar.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010