Antara Bergerak Menuju Kantor Berita Multimedia

Kamis, 19 September 2013 20:48 WIB

Jakarta (Antara Bali) - Lembaga Kantor Berita Nasional Antara bergerak menuju kantor berita multimedia dalam menghadapi era konvergensi media di masa mendatang dengan berbagai produknya yang dinamis.

"Konvergensi atau komunikasi transmedia merupakan sebuah mantra antara pemilik media dan praktisi. Saat ini perusahaan pers secara umum tidak hanya memproduksi teks tetapi juga foto, audio dan video," kata Direktur Utama LKBN Antara Saiful Hadi dalam "Laporan Negara-negara di sidang Majelis Umum OANA XV di Moskow, Rusia, Kamis.

Dalam era konvergensi media itu menurut dia, Antara berkomitmen menjadi kantor berita yang dapat memberikan isi informasi kepada pelanggan dengan berbagai cara yang dibutuhkan. Dia menegaskan, Antara mampu memberikan pelayanan untuk berita di internet, telepon genggam, penonton televisi, pendengar radio, dan bahkan masyarakat yang sedang menunggu pesawat di bandara dapat mengakses berita Antara.

"Melalui jasa multimedia, Antara dapat menyajikan informasi dalam bentuk berita yang diinginkan setiap orang dalam berbagai format," ujarnya.

Saiful menegaskan potensi Antara sangat besar karena memiliki pelanggan dari berbagai jenis media, seperti 250 media cetak, 11 jaringan televisi, 60 televisi lokal, 65 stasiun radio, dan jaringan internasional dengan 39 kantor berita di seluruh dunia.

Dia mengatakan biro foto Antara menghasilkan 120 foto per hari dan produk dari Antara TV sebagai pemasok berita-berita bagi jaringan televisi lokal di Indonesia

Namun Saiful menekankan bahwa di era konvergensi media tersebut dibutuhkan para super jurnalis yang mampu menulis berita untuk media cetak, mampu memotret untuk berita foto. Selain itu, para jurnalis juga harus mampu memberikan laporan verbal untuk radio dan merekam gambar untuk televisi. (WRA)

Pewarta: Oleh Imam Budilaksono

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013

Terkait
Terpopuler