Denpasar (Antara Bali) - PT Astra Internasional Tbk-Daihatsu Cabang Denpasar sukses menjual produk andalannya jenis mobil merek Daihatsu yang mencapai 1.057 unit pada semester pertama sejak Januari hingga Juni 2013 dengan peningkatan rata-rata 25 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Secara keseluruhan jumlah penjualan tahun lalu mencapai 1.702 unit kendaraan dari berbagai merek, hal ini menunjukan tingkat penjualan hingga akhir tahun ini akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan," kata Tulus Pambudi, Kepala Cabang PT Astra Internasional Daihatsu Tbk di Denpasar, Kamis.

Ia menjelaskan komposisi peningkatan penjualan kendaraan Daihatsu terdapat pada jenis Xenia sekitar 42 persen, Grand Max Pick Up 19 persen, Terios 17 persen, Minibus Grand Max sembilan persen, dan Xerion 0,8 persen.

Tulus mengatakan kenaikan penjualan Daihatsu ini seiring tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kendaraan pabrikan Japan tersebut yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif dibandingkan produk pabrikan lainnya.

Menurut dia, banyak pertimbangan yang membuat penjualan Daihatsu ke depannya terus berkembang menyusul peluncuran produk unggulan terbaru yang dikeluarkan seperti All New Terios Airbag dan Astra Daihatsu Ayla.

Tulus menjelaskan, produk Astra Daihatsu Ayla harganya sangat terjangkau yang bisa dibeli dengan harga Rp84,850 juta, inden Daihatsu Ayla sudah bisa mencover sampai akhir tahun dan pada Terios merupakan produk baru kelas SUV.

Ia mengatakan "trend" kendaraan saat ini didominasi MPV (Multi Purpose Vehicle) karena masyarakat cenderung memilih mobil untuk keluarga, namun mobil "city car" juga banyak diminati.

"Mobil MPV lebih mendominasi namun tidak kalah saing dengan 'city car' yang diminati konsumen seperti Daihatsu Ayla dan Xerion," ucapnya.

Hal ini berdampak positif terhadap penjualan Daihatsu karena banyaknya penawaran suku bunga murah dan jangka waktu yang panjang bagi pembelian mobil dengan kredit.

"Sangat positif adanya super leasing yang memberikan suku bunga ringan dan jangka waktu lama," katanya.(*/I020)

Pewarta: Oleh I Made Surya Wirantara Putra

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013