Denpasar (Antara Bali) - Kegiatan seni budaya yang dilakukan masyarakat mampu meningkatkan jumlah kunjungan turis ke Bali, seperti halnya pesta kesenian yang berlangsung setiap tahun serta prosesi keagamaan yang tidak pernah sepi di Pulau Dewata.

Selama berlangsung pesta kesenian Bali setiap Juni-Juli wisatawan mancanegara yang terbang langsung ke daerah ini selalu bertambah jika dibandingkan bulan-bulan lainnya, kata Pengamat yang juga prasktisi Pariwisata Bali Dewa Nyoman Putraman di Denpasar Rabu.

Sesuai data yang diperoleh dari Dinas Pariwisata setempat kunjungan wisatawan mancanegara yang langsung selama bulan Juni 2013 saat berlangsung pesta kesenian Bali tercatat 275.667 orang, meningkat menjadi 297.783 orang selama Juli, sedangkan Mei hanya 24.000 orang.

Meningkat pertumbuhan turis ke Bali pada pertengahan tahun itu menyebabkan masyarakat internasional berlibur di Bali, mencapai angka 1.790.804 orang selama Januari-Juli 2013 atau naik 9,96 persen jika dibandingkan periode sama 2012 hanya 1.628.539 orang.

"Saya yakin wisatawan mancanegara (Wisman) yang 95 persen menyatakan datang berlibur ke Bali akan melebihi target yang ditetapkan pemerintah tiga juta orang, sebab kedatangan turis asing ke Bali rata-rata 250.000/bulan," kata dia.

Keyakinan itu muncul setelah Wisman yang terbang langsung ke Bali lewat Bandara Ngurah Rai selama Januari-Juli 2013 masih stabil dalam jumlah setiap bulannya, sehingga tidak terlalu banyak berpengaruh terhadap krisis ekonomi global selama ini.

Ia menilai, masyarakat internasional masih menjadikan Bali sebagai wilayah vavorit untuk dijadikan daerah peristirahatan sementara, sambil menikmati keindahan alam, seni budaya yang tetap hidup di masyarakat Bali.

Ramai turis asing berlibur ke Bali, para komponen pariwisata, masyarakat dan pemerintah tidak bisa sekedar memangku tangan hanya dengan mengharapkan pelancong ke Bali, tetapi perlu kerja keras dan meningkatkan promosi dan menjaga keamanan secara kondusif (WRA) 

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013