Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali berencana memberikan kredit bagi calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tidak mampu secara ekonomi apabila ingin bekerja di luar negeri.
    
"Kesempatan untuk kami membantu orang yang tidak mampu. Misalnya untuk orang yang ingin bekerja di kapal pesiar, kenapa tidak kita berikan kredit?," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika usai membuka Pameran Bursa Kerja di Denpasar, Jumat.
     
Menurut dia, pemerintah daerah telah memiliki perusahaan yang memberikan jaminan kredit yakni PT Jamkrida dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang diharapkan bisa berkontribusi membantu calon tenaga kerja tersebut.
     
Meski baru sebatas rencana dan belum ada mekanisme, namun pihaknya melihat hal tersebut dapat menjadi jalan keluar menekan angka pengangguran.
     
Nantinya setelah mendapatkan kredit, maka pembayaran bisa dilakukan setelah mereka diterima bekerja di luar negeri.
     
Bekerja di kapal pesiar menjadi salah satu lowongan favorit para pencari kerja di Bali. Setiap tahunnya ribuan tenaga kerja dari Pulau Dewata diberangkatkan ke sejumlah negara di antaranya Amerika Serikat untuk mengadu nasib bekerja di kapal pesiar.(DWA) 

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013