Mangapura (Antara Bali) - Anggota DPRD Kabupaten Badung, Bali, meminta kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan anggaran pembangunan sektor pertanian di daerah itu.

"Untuk mengembangkan pertanian itu memerlukan dana yang besar, bila perlu anggaran setiap tahunnya dilipatgandakan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para petani," kata anggota Komisi C DPRD Kabupaten Badung I Wayan Puspa Negara di Mangapura, Selasa.

Menurut dia, alokasi anggara itu khusus untuk menujang pertanian seperti halnya subsidi pupuk ditingkatkan dan adanya subsidi obat-obatan untuk memberantas hama.

Saat ini jangkauan pemerintah hanya bisa menanggung sampai subsidi pupuk. "Sedangkan di sisi lain kebutuhan petani masih banyak untuk meningkatkan produksi pertaniannya," ucap politikus Partai Golkar tersebut.

Sejak duduk di legislatif, dia konsisten untuk memperjuangkan pertanian di Kabupaten Badung dan terbukti anggaran pertanian sejak 2004 sebesar Rp5 Miliar hingga kini terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Menurut dia, lahan pertanian di Kabupaten Badung saat ini sekitar 10 ribu Hektare tersebut harus bisa dimanfaatkan secara efisien dan menjadi modal utama sektor penunjang pariwisata di daerah itu.

Sementara itu, terkait dengan tingginya anggaran belanja pegawai pada 2013 pihaknya tidak mempermasalahkan hal itu karena memang diakui adanya peningkatan jumah pegawai sehingga pengeluarannya meningkat.

Namun dirinya tetap meminta anggaran pegawai ditekan dan anggaran pengembangan dan kesejahteraan petani ditingkatkan.

Untuk mengembangkan pertanian di Kabupaten Badung bahkan di Bali memang sulit karena potret para petani masih buram sulit untuk bisa ditingkatkan.  (WRA)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013