Nusa Penida (Antara Bali) - Sejumlah penyelam profesional yang tergabung dalam "Kingdom Indonesia Media Divers" menemukan kawasan taman laut baru berupa gugusan terumbu karang di tiga lokasi berbeda di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

"Kami bersama teman-teman media untuk mencoba mencari titik taman laut yang fantastis dan ternyata ditemukan di perairan Nusa Penida," kata Haji Sutrisno selaku Ketua Pelindung dan Penasehat "Kingdom Indonesia Media Divers di Nusa Penida, Kamis.

Menurut dia, tiga lokasi yang memiliki keindahan taman laut terumbu karang tersebut berada di titik penyelaman, sedangkan di pesisir yang berdekatan dengan sebuah sekolah dasar sehingga disebut titik penyelaman SD, Toyapakeh, dan Crystal Bay.

Dia mengungkapkan ketiga lokasi itu memiliki kerapatan terumbu karang yang baik, air laut yang jernih, jarak pandang yang baik, dan keragaman biota laut yang luar biasa dibandingkan sejumlah titik penyelaman yang pernah dilakukan di lokasi lainnya di Indonesia.

Penemuan lokasi penyelaman baru itu dilakukan melalui kegiatan "Exploration the Next Bali 2013" yang dimaksudkan untuk mencari lokasi baru untuk mendukung wisata bawah laut dan penelitian ragam biota laut di pulau yang dikenal tandus itu. (M038)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013