Denpasar (Antara Bali) - Pementasan kesenian rekonstruksi dari Kabupaten Gianyar memeriahkan Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXV pada hari kesebelas di Taman Budaya Denpasar, Selasa.

Sekaa Nadir Swacitta Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, akan mengisi kesenian rekonstruksi tersebut di kalangan Angsoka mulai pukul 11.00 Wita.

I Wayan Dauh selaku panitia PKB mengatakan, kesenian rekonstruksi tersebut merupakan salah satu dari lima pementasan yang berlangsung sehari penuh sejak siang, sore, hingga malam hari.

Duta Seni Sekaa Nadir Swacitta Desa Taro merupakan salah satu dari 334 kelompok seni yang memeriahkan PKB pada 15 Juni hingga 13 Juli 2013.

Wayan Dauh menambahkan, empat pementasan lainnya meliputi kesenian topeng prembon yang disuguhkan Sekaa Topeng Manik Sabda Gumita Banjar Anggabaya Penatih, Denpasar Timur.

Pementasan tersebut berlangsung di Kalangan Ratna Kanda Taman Budaya Denpasar mulai pukul 14.00 Wita dilanjutkan pementasan pada sore harinya berupa tabuh gamelan Smara Dhana.

Kesenian tergolong langka itu dipersembahkan oleh Sanggar Kryasta Guna Banjar Padang Tegal Mekar Sari Ubud Kabupaten Gianyar, tampil di Kalangan Ayodya mulai pukul 17.00 Wita.

Dua pementasan lainnya berlangsung pada malam hari mulai pukul 20.00 waktu setempat meliputi Drama tari topeng inovasi "Tuan tepis penghuni Campuhan oleh GEOKS Singapadu Kabupaten Gianyar.

Selain itu juga lomba Wayang Parwa tingkat remaja dari Kabupaten Badung yang dipersembahkan oleh sanggar Kuta Kumara Agung dengan dalang Gusti Made Dharma Putra. (M038)

Pewarta: Oleh IK Sutika

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013