Denpasar (Antara Bali) - Ratusan petugas keamanan berpakaian adat yang disebut "pecalang", disiapkan untuk turut mengamankan jalannya Kongres III PDIP yang dijadwalkan digelar 5 - 9 April 2010 di Sanur, Kota Denpasar, Bali.

"Kami siapkan 300 satgas berpakaian adat pecalang guna mendukung pengamanan jalannya kongres ketiga nanti," ujar Koordinator Keamanan Panitia Daerah Kongres PDIP I Gusti Nyoman Winda di Sanur, Kamis.

Para pecalang itu nantinya ditempatkan di "ring dua" atau berada di areal sekitar Inna Grand Bali Beach Sanur, tempat berlangsungnya kongres. "Kami hanya mengamankan di luar ruangan kongres," ujarnya.

Mereka nantinya ditempatkan di luar ruangan kongres, di antaranya bertugas memeriksa semua peserta atau utusan dan tamu undangan yang akan masuk ke lokasi kongres.

Nyoman Winda berharap satgas pecalang bisa tampil lebih santun dan damai dalam menghadapi situasi apapun, termasuk terhadap para penggembira yang akan meramaikan kongres.

Keberadaan Satgas PDIP yang biasanya tampil dengan pakaian ala militer, kali ini dipersiapkan secara khusus mengenakan pakaian adat pecalang, yang diharapkan dapat lebih mendukung kelancaran jalannya kongres tersebut.

Menurut Nyoman Winda, satgas pecalang selain disiagakan di areal hotel tempat berlangsungnya kongres, juga akan ditempatkan di hotel-hotel tempat menginap para peserta utusan dari berbagai daerah.

Selain satgas pecalang, pengamanan di "ring dua" juga melibatkan pihak kepolisian serta Satgas PDIP dari luar Bali.

"Kami belum bisa pastikan, berapa jumlah personel keamanan yang dilibatkan. Kami masih akan rapat koordinasi dulu dengan pihak kepolisian," ujarnya.

Hal sama disampaikan Humas Panitia Daerah Kongres Bernard Keytimu, bahwa belajar dari pengamanan saat Kongres 1998 dan 2005, pihaknya tetap berkoordinasi dan melibatkan desa adat Sanur.

Disebutkan, jumlah peserta Kongres III ini sekitar 1.700 orang utusan dari seluruh Indonesia, terdiri utusan dari sekitar 400 DPC dan 33 DPD. Ditambah undangan dari berbagai kalangan.

Banyaknya peserta kongres kali ini, membuat hotel yang ada di kawasan Pantai Sanur kini sudah penuh dipesan peserta dan tamu lainnya.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010