Ambon (Antara Bali) - Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Toto Utomo Budi Santosa menyatakan program Safari Bakti Kesetiakawanan Sosial (SBKS) merupakan ajang membangkitkan rasa nasionalisme dan kesetiakawanan.

"SBKS merupakan sarana membangun semangat kesetiakawanan sosial serta merupakan bagian dari Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang tahun ini akan diperingati di Makassar, Sulawesi Selatan," katanya di Ambon, Jumat.

Menurut dia, kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk kepedulian dan berbagai upaya untuk mencapai target agar permasalahan kesejahteraan sosial tertangani, masyarakat berketahanan sosial, masyarakat kuat secara ekonomi, serta pemerintah daerah peduli kesejahteraan.

"Sebanyak 200 peserta SBKS menyinggahi Kota Ambon sebagai bentuk kepedulian dan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan akan berlangsung selama 24 hari dengan target mengunjungi sejumlah wilayah yaitu Waigapu, Pulau Solor, Pulau Wetar, Ambon, Pulau Haruku, Fakfak, dan Makassar," katanya.

Toto mengatakan, peserta akan mencari solusi berbagai permasalahan kesejahteraan sosial dan membangun berbagai fasilitas pelayanan sosial terpadu khususnya di pulau terluar.

"Saya yakin peserta SBKS yang mengikuti kegiatan ini akan memiliki cara pandang berbeda tentang kesetiakawanan sosial setelah memahami betapa luasnya negara kita, serta banyaknya warga yang tinggal di daerah terpencil," ujarnya.

Ia berharap setiap peristiwa yang dialami akan menggugah rasa kesetiakawanan dan meningkatkan rasa nasionalisme. (WRA)

Pewarta: Oleh Penina Mayaut

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013