Newcastle, Inggris (Antara Bali) - Sekitar 5.000 warga kota Ganstead, menikmati suguhan budaya Indonesia dalam acara "Gathering of Northern Gamelans (Gong) Festival bertemakan "Celebrate Indonesia" yang berlangsung di taman Saltwell Park,  Newcastle , Inggris, sekitar tiga jam dari London dengan kereta api, Minggu.

Dutabesar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia bersama Ny Lasty  Thayeb dan Wakil Walikota Gateshead, Anggota Dewan Neil Weatherley meresmikan acara Gong Festival diawali dengan mengheningkan cipta meninggalnya Ketua MPR Taufiq Kiemas.

Gong Festival yang digagas Sue Finn, wanita Inggris yang sangat mencintai kesenian Gamelan, digelar untuk yang ketiga kalinya diawali dengan penampilan kelompok musik gamelan dari The Durham Gamelan society yang dibentuk sejak tahun 1980  pimpinan  Paul Fletcher yang seluruh anggotanya warga Inggris.

Paul Fletcher yang mempromosikan musik gamelan di kalangan masyarakat Inggris mengakui kelompok gamelan Durham yang hampir seluruh anggotanya masyarakat Inggris  sangat menyukai musik gamelan sering tampil di berbagai kesempatan. "Gamelan berhasil menyatukan orang Inggris," uarnya menambahkan bahkan anak-anak pun senang dengan alat musik gamelan.

Dalam  acara Gong Festival yang berlangsung dalam udara Inggris memasuki musim panas di taman-taman yang disebut sebagai Britain's Best Park tampil Ni Madé Pujawati. penari  Bali yang menetap di London, selain membawakan tarian Jawa, ia juga memberikan workshop menari kepada pengunjung termasuk anak anak.

Direktur Festival Sue Finn kepada Antara London, Minggu mengatakan  Gong Festival berupaya memperkenalkan budaya Indonesia khususnya musik gamelan kepada masyarakat Inggris yang ada di Newcastle yang berjarak sekitar tiga jam dari London dengan kereta api.

Gong Festival yang diselenggarakan Gamelan at Work pimpinan Sue Finn, bekerjasama dengan KBRI London serta  Baltic Centre for Contemporary Art juga menampilkan tari saman yang dibawakan pelajar dan masyarakat Indonesia serta Inggris yang menetap di Newcastle.

Walikota Gateshead, Neil Weatherley mengakui dengan digelarnya acara Gong festival yang bertemakan Celebrate Indonesia, maka masyarakat kota Gateshead  akan dapat mengetahui lebih jauh mengenai budaya Indonesia. (LHS)

Pewarta: Oleh Zenita Gibon

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013