London (Antara Bali) - Tari pendet dari Bali yang dibawakan tim kesenian KJRI Guangzhou memukau pengunjung pameran pariwisata "Pacific International Tourism Expo" (PITE) ke-17 di Vladivostok, Rusia.

Penampilan tari pendet dalam upaya memperkenalkan seni budaya sekaligus mempromosikan potensi pariwasata Indonesia kepada masyarakat Rusia, khususnya di Vladivostok dan sekitarnya, kata Sekretaris III Pensosbud KBRI Moskow, Pratomo Adi Nugroho kepada Antara London, Senin.

Menurut Adi Nugraha, KBRI Moskow memperoleh dukungan KJRI Guangzhou, yang telah mengirimkan tim tari untuk memperkenalkan seni budaya Indonesia selama kegiatan. Selain tari pendet juga ditampilkan tari lenggang timur, jaipong, lenggang nyai, tari merak, tari zapin, tari cucak rowo dan tari bajidor kahot.

Dubes Djauhari Oratmangun untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus mengatakan sudah saatnya Indonesia menggarap pasar pariwisata Rusia di Vladivostok.

Diharapkannya partisipasi Indonesia pada pameran di Vladivostok ini dapat mendorong peningkatan kunjungan turis Rusia, khususnya dari Vladivostok dan sekitarnya, ke Indonesia.

Indonesia melihat Vladivostok dan kawasan Rusia Timur Jauh merupakan pangsa pasar pariwisata yang potensial untuk dikembangkan. Minimnya informasi mengenai destinasi wisata di Indonesia menyebabkan masyarakat Rusia di Vladivostok dan sekitarnya lebih mengenal Bali dan Lombok. (LHS)

Pewarta: Oleh Zeynita Gibbons

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013