Medan (Antara Bali) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun ini akan membangun "Geopark Toba" di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara,  kata Bupati Samosir Mangindar Simbolon di Medan, baru-baru ini.

Menurut Bupati, Geopark Toba tersebut akan dibangun di kawasan Sibulatti, Kecamatan Sianjur Mula-mula yang berada di kaki bukit Pusuk Buhit. Sebagai tahap awal, pihaknya akan membangun bagian etalase dengan dana sebesar Rp miliar yang disiapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pembangunan gedung Geopark Toba tersebut direncanakan bersifat multiyears atau dilakukan dalam beberapa tahun di lokasinya yang dulunya merupakan perkampungan warga batak. Kemungkinan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar akan mengajak perantau asal Sumut untuk berperan serta dalam pembangunan Geopark Toba tersebut.

Pihaknya berkeyakinan jika Geopark Toba tersebut akan menjadi salah satu daya tarik wisata bagi wisatawan domestik dan luar negeri. Dengan bangunan  yang berbasis geologi, Geopark Toba juga akan menjadi salah satu lokasi penelitian, terutama tentang peristiwa meletusnya Gunung Toba ribuan tahun lalu yang menjadi salah satu penyebab terbentuknya Danau Toba.

Di Geopark Toba tersebut, pihaknya akan menampilkan berbagai benda dan peninggalan tua bersejarah yang banyak terdapat di sekitar kawasan Danau Toba. (LHS)

Pewarta: Oleh: Irwan Arfa

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013