Denpasar (Antara Bali) - Perum LKBN Antara Biro Bali bekerjasama dengan RRI Stasiun Denpasar sepakat menyukseskan pilkada Bali yang damai dengan menyajikan berita yang netral.

"Lembaga penyiaran publik milik negara ini, sebagaimana juga LKBN Antara berada di atas semua kepentingan golongan dalam memberitakan pilkada Bali pada 15 Mei 2013," ujar Kepala RRI Stasiun Denpasar, Haji Herman Zuhdi ketika bersilaturahim dengan Kepala Perum LKBN Antara Biro Bali, I Made Tinggal Karyawan di Denpasar, Kamis.

RRI-Kantor Berita Antara dalam menyukseskan pilkada Bali yang damai sepakat bersinergi dalam memberitakan kegiatan, mulai pilkada, saat pelaksanaan pilkada, penghitungan suara hingga pascapilkada dengan tetap menjaga netralitas bagi kedua pasang kandidat yang bersaing memperebutkan kursi gubernur.

"Program-program yang dirancang RRI dalam menyosialisasikan pilkada damai dengan merangkul Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali, dalam dialog interaktif yang juga akan melibatkan Perum LKBN Antara," ujar Herman Zuhdi didampingi lima kepala bidang di lingkungan stasiun RRI tersebut.

Dalam dialog interaktif yang disiarkan langsung RRI itu menekankan kesadaran para politisi atau kandidat cagub dan cawagub mampu merangkul massa pendukungnya dalam mewujudkan pilkada damai yang telah disepakati semua pihak.

Herman Zuhdi menambahkan, siaran interaktif Prapilkada itu sudah terjadwal sedemikian rupa, di mana pendengar bisa langsung ikut ambil bagian dalam kegiatan pendidikan politik tersebut.

Demikian pula pada pelaksanaan pilkada nanti, RRI akan menyebarkan seluruh wartawannya ke masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) secara merata di delapan kabupaten dan satu kota di Bali.

"Wartawan akan melaporkan situasi di masing-masing TPS dan disiarkan secara langsung sekaligus melakukan penghitungan secara cepat," ujar Herman Zuhdi.

Untuk itu, dia mengharapkan Kepala Biro Antara Bali, I Made Tinggal Karyawan ikut membantu kesuksesan siaran langsung tersebut dengan melibatkan wartawan Antara di lapangan.

I Made Tinggal Karyawan menyambut baik gagasan itu dalam menyajikan informasi secara cepat dan akurat serta netral kepada masyarakat luas.

"Perum LKBN Antara mempunyai persamaan visi dengan RRI dalam menyajikan informasi yang cepat dan aktual serta menjaga prinsip netralitas yang berdiri di atas segala kepentingan," ujar Made.

Made mengatakan, LKBN Antara Biro Bali, memiliki kontributor yang menjangkau sebagian besar kabupaten di Bali. Karena itu bersama RRI sepakat mengadakan pertemuan lanjutan untuk mematangkan rencana kerja sama bidang pemberitaan tersebut.

"Kerja sama bidang pemberitaan selama pilkada ini sebagai langkah awal yang akan ditindaklanjuti secara lebih luas nantinya, sehingga kedua media yang melaksanakan tugas sebagai juru bicara negara ini mampu meningkatkan perannya sebagai agen pembangunan di Bali," demikian Made. (*/ADT)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013