Denpasar (Antara Bali) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Armida Alisjahbana mengingatkan Pemerintah Provinsi Bali untuk memeratakan pembangunan ekonomi supaya tidak hanya menumpuk di kawasan selatan Pulau Dewata.

"Percepatan dan pemerataan ekonomi ini sangat berpengaruh untuk pengentasan kemiskinan disamping disinergikan dengan program-program pemerintah daerah yang sudah bagus," katanya saat menyampaikan arahan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Denpasar, Senin.

Ia mengapresiasi prestasi Bali yang tingkat kemiskinannya sudah mencapai 3,95 persen pada 2012 atau menduduki posisi terbaik kedua di Indonesia.

"Hanya saja, di Bali masih terdapat empat kabupaten yang tingkat kemiskinannya relatif masih tinggi yakni Karangasem, Bangli, Buleleng dan Klungkung," ujar dia yang juga menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional itu.

Menurut dia, upaya untuk pengentasan kemiskinan tidak cukup dengan bantuan perlindungan sosial, tetapi mesti dibarengi dengan pemerataan pembangunan ekonomi.

Armida mengatakan rencana pembangunan infrastruktur untuk pemerataan ekonomi Bali seperti bandar udara di Kabupaten Buleleng, jalan tembus menuju kawasan Bali utara, dan kelanjutan pembangunan Pelabuhan Tanah Ampo di Karangasem sangat baik untuk pemerataan pertumbuhan ekonomi Bali. (LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013