Bandarlampung (Antara Bali) - Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera dan Rakor Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) menyepakati delapan usulan dan permohonan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk percepatan pembangunan di kawasan ini.

Kesepakatan usulan itu ditandatangani oleh sepuluh gubernur atau yang mewakili di Hotel Novotel Bandarlampung, Rabu, dihadiri sejumlah menteri.

"Berdasarkan kondisi aktual, kami Gubernur se-Sumatera menyampaikan usulan diantaranya penyelesaian tahapan persiapan Pembangunan Kawasan Strategis dan Infrastruktur Selat Sunda untuk mencapai target 'groundbreaking' Jembatan Selat Sunda pada tahun 2014," kata Gubernur Lampung Sjachroedin ZP.

Selain itu, percepatan pembangunan jalan tol Sumatera mulai dari Lampung sampai Banda Aceh sepanjang 2.700 kilometer dan penetapan Perpres tentang Penugasan BUMN sebagai pelaksana pembangunan dan operator jalan tol Sumatera.

Ia menyebutkan, usulan lainnya berupa percepatan pembangunan jalur kereta api Sumatera yang menghubungkan Lampung sampai Aceh sepanjang 2.900 km, di koridor utama dan sub koridor MP3EI wilayah Sumatera. (LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013