Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali memproyeksi daya beli di Pulau Dewata tumbuh positif hingga akhir 2024 karena indeks ekspektasi penjualan pada November 2024 mencapai 188 atau lebih tinggi dari periode sebelumnya mencapai 184.

“Responden memprakirakan penjualan pada tiga bulan ke depan akan mengalami kenaikan,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Erwin Soeriadimadja di Denpasar, Selasa.

Ekspektasi tersebut diperkirakan karena mendekati libur akhir tahun Bali menjadi salah satu tujuan wisata turis domestik dan mancanegara.

Dalam menjaga kinerja penjualan eceran dan tingkat konsumsi masyarakat, bank sentral itu bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Bali berkoordinasi dalam menjaga stabilitas harga komoditas agar daya beli masyarakat tetap terjaga dan ekonomi Bali tumbuh kuat.

Sementara itu, kinerja penjualan eceran di Bali pada September 2024 tumbuh positif, tercermin dari indeks penjualan riil (IPR) berdasarkan survei kepada 100 penjual eceran di Denpasar mencapai indeks 118,3 atau tumbuh 13 persen dibandingkan periode sama 2023.

Survei pada Agustus 2024 juga menunjukkan hasil positif yakni 116,4 atau secara tahunan tumbuh 12 persen.

Peningkatan kinerja penjualan itu didorong kenaikan permintaan ketika peringatan HUT RI dan strategi potongan harga yang diberikan pedagang eceran sehingga memicu konsumsi masyarakat.

Indeks tersebut menunjukkan kinerja penjualan eceran berada pada level optimis karena di atas 100.

“Indeks penjualan riil di Bali tetap dalam tren peningkatan selama 32 bulan terakhir,” imbuh Erwin.

Ia menjelaskan meningkatnya penjualan eceran tersebut didorong oleh pertumbuhan Sub Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor yang meningkat sebesar 5,1 persen, Barang Budaya dan Rekreasi yang meningkat sebesar 4,4 persen, Makanan, Minuman dan Tembakau yang meningkat sebesar 2,5 persen dan Barang Lainnya meningkat sebesar 1,9 persen.

Ada pun faktor pendorongnya, lanjut dia, perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan yang berlangsung di Bali.

Peningkatan IPR di Bali secara tahunan menunjukkan optimisme penjualan ritel yang semakin membaik sehingga mampu mendorong kontribusi lapangan usaha perdagangan.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024