Denpasar (Antara Bali) - Pengoperasian bus Trans Denpasar-Badung-Gianyar-Tabanan (Sarbagita) mampu menurunkan 1.449 unit kendaraan bermotor pribadi di jalan raya setiap hari, kata Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Bali I Ketut Teneng.

"Evaluasi tahun lalu menunjukkan hasil seperti itu. Semoga dengan telah dioperasikannya jalur pengumpan oleh Wali Kota Denpasar dan Bupati Badung di beberapa titik tambahan, masalah kemacetan ke depan makin dapat diatasi," katanya di Denpasar, Senin.

Ia berpendapat, pengurangan operasional kendaraan bermotor sebanyak itu dengan sendirinya akan mengurangi tingkat kepadatan dan kemacetan lalu lintas di jalur-jalur yang dilalui Trans Sarbagita yakni di Koridor II (Batubulan-Nusa Dua via Sentral Parkir Kuta) dan Koridor I (Kota Denpasar-Garuda Wisnu Kencana).

Teneng menyebutkan jumlah penumpang pada 2011 sebanyak 205.101 orang (rata-rata 1.508 orag per hari), meningkat menjadi 855.580 orang pada 2012 (rata-rata 2.886 orang per hari).

"Pemanfaatan bus Trans Sarbagita oleh 2.886 orang per hari pada 2012 itu menunjukkan bahwa pengoperasian bus berhasil mengurangi kemacetan dan menghemat konsumsi BBM cukup besar," ujarnya. (LHS/IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013