Jakarta (Antara Bali) - Ketua Asosiasi Kopi Luwak Indonesia Edy Panggabean mengatakan kopi luwak sebagai salah satu produk terbaik khas Indonesia harus didaftarkan ke UNESCO sebagai produk asli Indonesia yang diakui dunia.

"Kami mendorong pemerintah agar mendaftarkan kopi luwak kepada UNESCO sebagai produk asli Indonesia," kata Edy Panggabean dalam Jumpa Pers Program Kerja Miss Coffee Indonesia di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, kopi luwak Indonesia merupakan salah satu kopi terbaik dunia yang harus dijaga kelestarian dan produktivitasnya.

Edy mengkhawatirkan jika tidak sesegera mungkin didaftarkan ke UNESCO, maka akan ada negara lain yang membudidayakan kopi luwak dan lambat laun mengklaim bahwa kopi luwak berasal dari negara itu bukan dari Indonesia.

"Meski sudah ada Standar Kerja Nasional Indonesia yang tidak lagi memungkinkan negara lain mengklaim kopi luwak tapi pemerintah harus tetap memperhatikan pengembangan kopi luwak," katanya.

Adanya Standar Kerja Nasional Indonesia yang ditandatangani pada 3 Maret 2013 itu memang tidak lagi memungkinkan negara lain untuk mengklaim kopi luwak yang asli Indonesia. (LHS/IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013