Gianyar (Antara Bali) - Jumlah pengunjung domestik yang berwisata ke Bali Safari and Marine Park (BSMP) di Kabupaten Gianyar, setelah ritual Nyepi meningkat cukup signifikan sekitar 20 persen dari biasanya.

"Jumlah pengunjung yang datang saat ini cukup ramai, berkisar 1.000 sampai 1.500 orang," kata Maria Christine Sadipun, selaku Marketing Communication BSMP di Gianyar, Rabu.

Menurut dia, dari jumlah sebanyak itu sekitar 40 persen di antaranya adalah pengunjung domestik ataupun masyarakat lokal di sekitar wilayah Pulau Dewata

Kondisi itu menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan hari biasa, yakni pengunjung domestiknya berkisar 20-30 persen dari total. "Meningkatnya jumlah pengunjung itu diperkirakan karena diberlakukannya harga khusus bagi wisatawan domestik dan lokal," ujarnya.

Harga tiket masuk tempat tersebut ditambah menonton drama kolosal di Bali Agung yang biasanya Rp250 per orang menjadi Rp180 ribu.

Dijelaskan bahwa pada masa libur tertentu pengunjung BSMP bisa mencapai 3.000 orang dalam sehari, seperti saat libur Hari Raya Galungan dan Kuningan. Pada libur tertentu itu jumlah pengunjung melonjak, karena diberlakukan harga tiket khusus bagi masyarakat Pulau Dewata.

"Cukup dengan memperlihatkan kartu tanda penduduk (KTP) Bali, maka akan memperoleh harga Rp75.000. Pada saat libur seperti itu pengunjung yang merupakan penduduk lokal dan turis jumlahnya seimbang," ucapnya. (IGT)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013