Berlin (Antara Bali) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertindak sebagai "salesman" bagi pariwisata Indonesia pada pembukaan pameran pariwisata internasional Berlin (ITB Berlin) 2013 di Berlin, Selasa (6/3) malam.

Di hadapan sekitar 5.000 orang pelaku industri pariwisata dunia yang hadir pada acara yang dibuka Kanselir Jerman Angela Merkel itu, Presiden SBY menjual dan mempromosikan pariwisata Indonesia dengan menyatakan, selain Bali masih banyak objek wisata yang sangat menarik.

Di antaranya Candi Borobudur yang merupakan warisan dunia, Komodo yang merupakan "jurassic park"-nya Indonesia, serta beberapa yang lain.

"Bagi yang senang 'diving and snorkling' ada di Bunaken dan Maluku Utara. Bagi yang senang kehidupan alam liar, ada Orang Utan di Kalimantan. Bagi yang senang gunung berapi, bisa berkunjung ke Sumatra," katanya.

Selain itu, katanya, ada "Lost of Paradise" Raja Ampat di Papua, serta bagi yang senang makanan pedas ada di Sumatera Barat. "Rendang Padang dari Sumatera Barat dinobatkan CNN sebagai makanan terlezat di dunia," kata Presiden yang disambut tepuk tangan hadirin.

"Indonesia merupakan tujuan wisata yang lengkap," katanya. (*/ADT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013