Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali untuk pertama kalinya melakukan kirab duplikat Bendera Pusaka Merah Putih menjelang upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia (RI).

“Ini baru pertama kali dilaksanakan dalam peringatan proklamasi saat ini menggunakan Bendera Merah Putih duplikat yang dibagikan BPIP (Badan Pembina Ideologi Pancasila) secara nasional di Jakarta,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bali Dewa Made Indra, di Denpasar, Sabtu.

Sejak Sabtu pukul 7.00 Wita separuh pasukan Paskibraka Bali tiba di rumah jabatan Gubernur Jayasabha, dua anggota perempuan mengambil bendera yang diserahkan oleh Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Bali I Wayan Serinah.

Para pasukan kemudian menggunakan mobil terbuka membawa duplikat bendera pusaka menuju lokasi upacara Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar.

“Bendera ini memiliki makna magis yang sangat tinggi, maka dari itu sesuai arahan dari BPIP bendera yang sudah dibagikan ke seluruh wilayah Indonesia itu diproses kirab dari tempat awalnya ke lapangan upacara,” ujar Dewa Indra.

“Kirab dilakukan di IKN dan di seluruh Indonesia, sekali lagi kirab proses pengibaran Bendera Merah Putih melalui Paskibraka merupakan bentuk penghormatan dan pemuliaan kepada Bendera Merah Putih,” katanya. 

Sekda Dewa Indra mewakili gubernur menyampaikan bahwa upacara peringatan HUT ke-79 RI bentuk menghormati jasa-jasa pahlawan, juga mengingatkan ke generasi muda soal perjuangan pendahulu.

“Tadi juga melihat pengibaran Bendera Merah Putih melalui proses yang sangat panjang dan hikmat, itu adalah bentuk penghormatan dan pemuliaan kepada Bendera Merah Putih karena lambang negara dan identitas bangsa, harus dihormati setinggi-tingginya,” kata dia.

Pemprov Bali memaknai hari ini sebagai satu lagi langkah menuju tahun 2045 atau mendekati 100 tahun usia kemerdekaan Indonesia.

Ia meyakini seluruh masyarakat bercita-cita Indonesia menjadi negara yang maju, sehingga ia mengingatkan bahwa negara maju akan lahir dari kebulatan tekad dan persatuan.


Baca juga: Sebanyak 50 petani adakan upacara HUT ke-79 RI di kaki Gunung Batukaru Bali

Baca juga: Wali Kota Denpasar berkomitmen wujudkan pendidikan & kesehatan bermutu

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024