Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta menerima penghargaan Bali Tourism Awards Ke-9 Tahun 2024 kategori Bali Leader ln Innovative Government.

"Kami mengapresiasi terselenggaranya Bali Tourism Awards yang juga berdampak positif kepada Kabupaten Badung," ujar Giri Prasta di Denpasar, Bali, Rabu.

Pada tahun ini, ajang Bali Tourism Awards lebih dikhususkan bagi daerah-daerah di Provinsi Bali, yang bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap pariwisata yang terpadu dan saling mendukung khususnya di Bali.

Ajang tahunan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan apresiasi kepada jasa perjalanan dan wisata di Provinsi Bali yang terdiri dari pelaku sektor pariwisata yang mendukung pembangunan dalam rangka memajukan industri wisata dan objek wisata di Bali.

Baca juga: 45 anggota DPRD Kabupaten Badung periode 2024-2029 dilantik

Giri mengatakan penganugerahan Bali Tourism Awards memberikan semangat kepada para pelaku pariwisata yang ada di Bali khususnya di Badung, agar selalu bisa membuktikan kualitasnya dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Menurut dia, pihaknya juga terus mendorong pembangunan pariwisata berkualitas yang didukung oleh budaya dan alam Bali dan menolak adanya wacana pembangunan kasino di Pulau Dewata.

"Bali boleh maju tapi dengan kemajuan Bali jangan sampai menggerus akar adat dan budaya karena kami menjual pariwisata yang berbudaya," kata dia.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengucapkan selamat kepada Bupati Badung.

Menurut dia, saat ini kondisi pariwisata di Pulau Dewata terus mengalami pertumbuhan berkait kolaborasi seluruh pihak terkait dan mengarah kepada peningkatan kualitas dengan pembangunan infrastruktur setelah beberapa tahun lalu menghadapi pandemi COVID-19.

Baca juga: Pemkab Badung serahkan logistik ke panti asuhan yang terbakar

"Saya ingat datang ke Bali empat tahun lalu bersama Bupati Giri Prasta untuk mendampingi Presiden RI Joko Widodo melakukan vaksinasi COVID-19, yang pada saat itu Bali dalam situasi yang sangat memprihatinkan karena pandemi. Namun, tentunya sangat bersyukur bahwa masyarakat Bali sangat tangguh dalam menghadapi pandemi," ungkap dia.

Ia menambahkan Bali bisa memberikan contoh bagaimana para pelaku industri dengan kekayaan bisnisnya juga bisa bertransformasi wisata tentunya bukan hanya dari segi kuantitas, tapi juga dari segi kualitas pariwisata Bali.

"Pariwisata harus berbudaya bermartabat dan harus kita hargai kearifan lokal dan adat istiadatnya. Dan, inilah bagian daripada pariwisata berkualitas berkelanjutan," kata Sandiaga.

Pewarta: Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024