Sebanyak 45 orang anggota DPRD Kabupaten Badung, Bali periode 2024-2029 resmi dilantik dan menjalani pengambilan sumpah pada Rapat Paripurna DPRD Badung di Mangupura, Kabupaten Badung, Bali, Senin.
 
Komposisi anggota DPRD Badung periode 2024-2029 mengalami perubahan, dari sebelumnya berjumlah 40 kursi, kini menjadi 45 kursi. Kursi DPRD Badung diraih oleh empat partai politik yaitu PDI Perjuangan memperoleh 27 kursi, Partai Golkar 11 kursi, Partai Gerindra empat kursi dan Partai Demokrat tiga Kursi.
 
“Saya mengajak anggota DPRD yang baru agar dapat meningkatkan peranan dan fungsi baik legislasi, anggaran maupun fungsi pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan sungguh-sungguh akan mengabdikan diri untuk kemajuan Badung,” ujar Pimpinan Sementara DPRD Badung Putu Parwata.
 
Sesuai dengan peraturan yang berlaku, pimpinan sementara DPRD mempunyai tugas yaitu memimpin rapat-rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan tata tertib DPRD dan memproses pemilihan pimpinan DPRD definitif.
 
Pada kesempatan tersebut, Parwata juga menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD Badung periode sebelumnya yang telah mengakhiri masa tugasnya.

Baca juga: Polda Bali selidiki dugaan pencemaran nama anggota DPRD Badung di TikTok
 
“Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian dan dedikasinya. Semoga, Tuhan senantiasa melimpahkan karunia agar memperoleh kesejahteraan," kata dia.
 
Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengungkapkan pihaknya berterima kasih kepada KPU dan Bawaslu, serta TNI/Polri yang telah terlibat langsung dalam mengamankan dan menyukseskan Pemilu 2024.
 
“Kami juga berterima kasih kepada masyarakat Badung sudah ikut dalam Pemilu yang jujur, adil dan taat hukum,” ungkap dia.
 
Ia juga memberikan selamat kepada anggota DPRD yang baru dilantik dan berharap anggota DPRD yang jabatannya telah berakhir agar tetap mengabdikan dirinya kepada masyarakat.
 
“Terpilih sebagai anggota DPRD bukan merupakan puncak tujuan. Terpilih ini adalah sebuah jembatan, menuju puncaknya nanti bagaimana mampu memberikan pelayanan sebagai penyambung lidah rakyat,“ ujar Bupati Giri Prasta.

Baca juga: Bupati Badung sampaikan laporan pertanggungjawaban di DPRD

Pewarta: Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024