Denpasar (Antara Bali) - Para calon kepala daerah di Bali yang mengikuti pemilihan 4 Mei 2010, diharapkan peduli terhadap lingkungan hidup, karena kondisi lingkungan setiap tahunnya semakin parah.

"Sejak awal calon bupati dan wali kota harus memiliki komitmen untuk menyelamatkan lingkungan dan kami mengharapkan dalam visi dan misi mereka memprioritaskan program lingkungan," kata Kepala Pusat Regional Lingkungan Hidup Bali-Nusra Ir Raden Sudirman di Denpasar, Rabu.

Pada acara sosialisasi bertema "Pengarusutamaan Isu Lingkungan Hidup dalam Visi dan Misi Calon Kepala Daerah" itu, ia mengatakan, jika kesadaran akan kepedulian terhadap lingkungan hidup dibangun sejak awal, diharapkan ssaat menjabat bupati maupun wali kota terus menggarap programnya itu.

"Jika calon bupati dan wali kota yang peduli lingkungan hidup kelak terpilih, maka warga masyarakat dapat menagih janji-janji yang menjadi programnya," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Sudirman, warga masyarakat harus sejak dini perlu meminta calon kepala daerah untuk menandatangani kontrak terkait kepedulian terhadap lingkungan hidup.

"Ini penting dilakukan oleh warga masyarakat agar ketika calon kelak menjabat kepala daerah, tidak ingkar janji dalam upaya menyelamatkan lingkungan hidup," ujarnya.

Sudirman mengatakan, pihaknya akan terus melakukan upaya penyadaran masyarakat termasuk para kandidat bupati dan wali kota untuk peduli lingkungan, karena tingkat kerusakan lingkungan di bumi kian parah.

"Kalau bukan kita yang menyelamatkan bumi ini dengan menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitarnya, siapa lagi?"  ucapnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri sekitar 50 orang terdiri dari KPU kabupaten dan kota di Bali yang menyelenggarakan pilkada pada 4 Mei 2010, serta instansi pemerintah terkait.

Sementara calon Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya mengatakan, pihaknya terus berupaya menjaga lingkungan hidup dengan melakukan berbagai penghijauan maupun penanaman hutan bakau.

"Kami telah memiliki komitmen untuk peduli terhadap lingkungan hidup, dengan  mengajak warga untuk menanam berbagai pohon di sekitar rumah maupun dilingkungannya," kata Rai Mantra yang juga calon "incumbent" itu. (*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010