Pemerintah Kabupaten Badung, Bali menyelenggarakan kegiatan Badung UMKM Week 2024 Batch I di kawasan pariwisata Kuta untuk mempromosikan berbagai potensi produk UMKM setempat.
 
“Tugas kami dari hulu sampai hilir memang harus bantu UMKM yang ada di Badung, mulai dari perizinannya, keterampilan pembuatan produknya, termasuk kami branding terkait dengan pemasarannya,” ujar Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana dalam keterangannya di Mangupura, Kamis.
 
Ia menjelaskan melalui pameran  merupakan upaya lebih memperkenalkan potensi produk-produk UMKM lokal Badung terutamanya produk unggulan dan memiliki kualitas baik dan memenuhi standar.
 
“Kami ingin produk ini juga sesuai dengan kebutuhan pasar global pada umumnya. Kedepannya kami l berharap dengan kemandirian UMKM akan bangkit dan kegiatan seperti ini dapat lebih ditingkatkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan,” kata dia.

Baca juga: Pemkab kurasi produk UMKM untuk Badung UMKM Week
 
Kepala Bidang Kewirausahaan dan UMKM Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Badung I Made Wirya Santosa mengatakan kegiatan itu mengambil tema UMKM Maju, Ekonomi Semakin Tangguh dengan harapan jaringan UMKM Badung akan semakin luas sehingga dapat lebih dikenal sampai tingkat Internasional.
 
Menurut dia, selama ini UMKM memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan perekonomian basional, termasuk perekonomian daerah di wilayah Badung.
 
Untuk itu, pihaknya menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan menggandeng 32 UMKM lokal Badung terpilih yang sebelumnya telah mengikuti proses kurasi untuk berpameran dan mengenalkan produknya kepada masyarakat dan wisatawan.
 
“Memang tujuan diadakannya kegiatan Badung UMKM Week Tahun 2024 Batch I kali ini adalah untuk memperkenalkan produk UMKM kami kepada masyarakat luas termasuk wisatawan mancanegara,” kata dia.
 
Made Wirya Santosa menambahkan pihaknya juga akan terus mendorong kreatifitas pelaku UMKM untuk selalu berinovasi dalam membuat produk agar dapat bersaing di pasar yang lebih luas.
 
Kegiatan Badung UMKM Week 2024 Batch I tersebut akan berlangsung hingga 18 Juni 2024 mendatang di Fountain Stage Beachwalk Shopping Mall, Kuta, Badung, Bali.

Baca juga: Pemkab Badung bantu UMKM promosikan produk di kawasan wisata

Pewarta: Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024